Sehari jelang Hari Raya Idul Fitri 1440 Hiijriah harga daging sapi yang dijual para pedagang pengecer di pasar tradisional Kota Bengkulu seharga Rp130 ribu per kilogram atau mengalami kenaikan sebesar Rp10 ribu per kilogram.

“Hari ini ada kenaikan Rp10 ribu per kilogram yang biasanya dijual Rp120 ribu per kilo naik jadi Rp130 ribu per kilogram,” kata Hasyim, pedagang daging sapi di Pasar Tradisional Pasar Minggu, Kota Bengkulu, Selasa.

Ia mengatakan daging sapi yang dijual merupakan sapi milik peternak lokal yang didatangkan dari Kabupaten Bengkulu Utara, Mukomuko dan Bengkulu Selatan.

Sebagian besar  para pedagang pengecer menurutnya mendapatkan pasokan sapi lokal yang sebelumnya sudah dipotong di rumah potong hewan sebelum dieper di pasar tradisional tersebut.

Hasyim menambahkan penjualan daging sapi pada hari terakhir sebelum memasuki Idul Fitri cukup meningkat di mana ia dapat menghabiskan 200 kilogram daging eceran yang biasanya hanya terjual 100 kilogram.

“Penjualan hari ini memang meningkat karena memang hari puncak sebelum masuk ke hari raya besok,” ujarnya.

Dini, seorang ibu rumah tangga yang membeli daging mengatakan kenaikan harga tersebut sudah umum terjadi setiap memasuki Idul Fitri.

“Kalau daging sapi memang biasa naik sampai Rp130 ribu tapi harus dibeli karena Lebaran tanpa hidangan rendang kuren lengkap,” katanya.

Pewarta: Helti Marini S

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019