Pemerintah Provinsi Bengkulu tahun ini tidak menyelenggarakan lomba desa dan kelurahan terbaik tingkat provinsi untuk mengetahui perkembangan dan pelayanan pemerintahan di daerah ini.

“Provinsi ini tidak menyelenggarakan lomba desa dan kelurahan terbaik tingkat provinsi setempat mengingat daerah ini menjadi tuan rumah agenda nasional pelaksanaan Gelar Teknologi Tepat Guna,” kata Kabid Pemerintah Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Mukomuko Eka Purwanto dalam keterangannya di Mukomuko, Rabu.

Ia menambahkan hal itu setelah menerima surat bernomor 414-4/2007/DPMD/2019 tentang penyelenggaraan lomba desa dan kelurahan tingkat provinsi tahun 2019 dari pemerintah provinsi setempat.

Selanjutnya, lanjutnya pelaksanaan lomba desa dan kelurahan terbaik tingkat provinsi setempat dilaksanakan pada 2020 atau akan dilaksanakan sesuai dengan jadwal tahapan.

Karena pemerintah provinsi setempat tahun ini tidak menyelenggarakan lomba desa dan kelurahan terbaik tingkat provinsi, maka otomatis provinsi setempat tidak mengutus desa perwakilan untuk mengikuti lomba desa tingkat nasional.

Ia menyatakan, pemerintah setempat tahun ini telah menetapkan Desa Nelan Indah sebagai desa terbaik pertama tingkat kabupaten, kemudian terbaik dua Desa Marga Mukti dan terbaik tiga Desa Lubuk Bento.

Pemerintah menetapkan desa ini sebagai terbaik pertama tingkat kabupaten berdasarkan penilaian penyelenggaraan pemerintahan, tertib administrasi, tertib keuangan, dan kemajuan prekonomian di bawah pengelolaan BUMDes di desa ini.

BUMDes ini selain aktif membuka usaha simpan pinjam, BUMDes ini juga bekerja sama pengangkutan tandan buah segar kelapa sawit milik petani setempat dengan pabrik minyak kelapa sawit di wilayah ini.

Selain itu, desa ini sudah memiliki pendapatan asli desa (PAD) dan pendapatan ini sudah bisa digunakan untuk membiayai berbagai acara adat dan kearipan lokal masyarakat setempat.

Kendati demikian desa ini terbaik pertama tingkat kabupaten, namun prestasi desa ini hanya sampai di tingkat daerah ini saja. Tidak penyelenggaraan lomba desa tingkat provinsi apalagi nasional.

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019