Peristiwa kebakaran ruang sterilisasi di lantai dasar RSUD Curup, Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu, pada Rabu malam (12/6) sekitar pukul 22.30 WIB, sehingga nyaris menghabiskan bangunan pelayanan kesehatan utama di daerah itu.

Peristiwa kebakaran yang terjadi diruang sterilisasi alat medis RSUD Curup yang berada di lantai dasar bangunan tersebut posisinya berada di samping kamar mayat dan diduga akibat hubungan arus pendek listrik.

Kepala Bidang Pelayanan RSUD Curup, Sopian Wahyudi kepada sejumlah wartawan di Rejang Lebong, Kamis, mengatakan kejadian itu diduga akibat adanya hubungan arus pendek listrik pada salah satu alat yang di sterilisasi alat medis tersebut.

"Diduga karena adanya hubungan arus pendek pada mesin seling yang ada di ruang sterilisasi, tetapi sebelum membesar apinya dipadamkan petugas rumah sakit menggunakan Apar dan tidak lama kemudian datang juga petugas PBK Pemkab Rejang Lebong," ujar dia.

Akibat kejadian ini pihaknya memperkirakan kerugian mencapai Rp30 juta, karena sejumlah peralatan yang ada diruang itu terbakar seperti mesin seling, satu unit AC 2 PK, 20 stel baju operasi, box kertas steril, alat tenun baju dan sejumlah perlengkapan lainnya.

Dalam peristiwa kebakaran itu sendiri kata dia, sempat menimbulkan kepanikan keluarga pasien yang tengah menjalani perawatan di RSUD Curup, namun sejurus kemudian api bisa dipadamkan sehingga mereka tidak sampai melakukan evakuasi pasien, serta tidak mengganggu pelayanan kesehatan.

Sementara itu, selang tiga jam kebakaran dilantai dasar RSUD Curup, peristiwa yang sama juga terjadi pada Kamis dini hari sekitar pukul 01.00 WIB dengan lokasi di Jalan Setia Guna RT 9 RW 3 Kelurahan Sidorejo, Kecamatan Curup Tengah, dalam kejadian ini milik Sulaiman habis dilalap sijago merah.

Menurut keterangan Mega (45) tetangga korban, saat kejadian rumah semi permanen itu sedang ditinggal mudik pemiliknya ke Sumatera Barat. Api yang cukup besar itu dengan cepat menghabiskan bangunan rumah bersama harta bendanya termasuk dua unit sepeda motor.

Beruntung kebakaran ini tidak sampai menjalar ke pemukiman warga lainnya setelah dua unit mobil PBK Pemkab Rejang Lebong bersama dengan warga setempat berhasil memadamkan kobaran api.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019