Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, menyebutkan 268 Calon Jamaah Haji (CJH) daerah itu tergabung dalam kelompok terbang 8 embarkasi Padang.

Kepala Kantor Kemenag Rejang Lebong H Lapulangi, usai pelaksanaan manasik haji tingkat kabupaten di Masjid Agung Baitul Makmur Curup, Rabu, mengatakan CJH Rejang Lebong itu akan bergabung dengan sebagian CJH Kabupaten Bengkulu Selatan dan Kota Bengkulu.

"Kalangan CJH Kabupaten Rejang Lebong ini tergabung dalam kloter 8 embarkasi Padang, bersama dengan CJH dari Kabupaten Bengkulu Selatan dan Kota Bengkulu," ujarnya.

Kalangan CJH asal daerah itu kata dia, akan berangkat dari Kabupaten Rejang Lebong pada Jumat pagi, 12 Juli nanti dari Masjid Agung Baitul Makmur menuju asrama haji Provinsi Bengkulu, kemudian berangkat ke embarkasi induk di Padang, Sumatera Barat dan pada 14 Juli akan diberangkatkan ke Madinah.

Untuk pemberangkatan ini, pihaknya sudah berkoordinasi dengan pemkab setempat karena jadwal pemberangkatannya akan dilaksanakan pagi hari setelah pelaksanaan shalat subuh.

"Saat ini semua persiapan sudah selesai termasuk pelaksanaan manasik haji tingkat kabupaten, setelah ini akan dilakukan manasik haji tingkat kabupaten yang akan dilaksanakan sebanyak delapan kali, di mana pesertanya dari 15 kecamatan dibagi per dua kecamatan," jelasnya.

Dia mengimbau kalangan CJH Rejang Lebong nantinya agar menjaga kesehatan sehingga bisa mengikuti pelaksanaan haji dengan baik. Selain itu, juga meminta CJH agar tidak membawa barang yang banyak, karena jika lebih dari 32 kg batas maksimalnya akan dikenakan biaya tambahan.

Sebelumnya Kabupaten Rejang Lebong mendapat tambahan kuota haji sebanyak 43 orang dari 235 menjadi 278 orang, namun dalam pelunasan BPIH tahap ketiga pada 30 Mei lalu sebanyak 10 orang gagal berangkat dengan alasan ekonomi, kesehatan dan permintaan sendiri.
 

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019