Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, mengimbau calon jamaah haji (CJH) asal daerah itu agar menjaga kesehatan sehingga bisa berangkat sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan.

"Kita harapkan para jamaah ini bisa menjaga kesehatan dengan memakan makanan yang sehat dan bergizi, istirahat yang cukup serta berolahraga sehingga bisa berangkat sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan," kata Kepala Kemenag Rejang Lebong, H Lapulangi di Rejang Lebong, Rabu.

Pentingnya menjaga kesehatan tersebut tambah dia, agar nantinya para 268 CJH asal daerah itu bisa berangkat dan pulang dalam kondisi sehat serta bisa menjalankan rukun haji dengan baik.

Sementara itu, kalangan CJH Rejang Lebong yang akan berangkat tahun ini kata dia, tergabung dalam kelompok terbang atau Kloter 8 embarkasi Padang, Sumatera Barat, tergabung dengan sebagian CJH asal Kota Bengkulu dan Kabupaten Bengkulu Selatan, yang rencananya berangkat pada 14 Juli mendatang.

"Saat ini mereka masih mengikuti manasik haji tingkat kecamatan masing-masing sebanyak 8 kali, dan kemudian ada juga manasik haji mandiri yang dilaksanakan oleh KBIH yang ada di Rejang Lebong," tambah dia.

Pelaksanaan manasik tingkat kecamatan ini dilaksanakan per kecamatan terhitung sejak 24 Juni lalu, dengan syarat pelaksanaannya minimal diikuti oleh 45 CJH, untuk kecamatan yang jumlah CJH nya kurang dari 45 orang bisa bergabung dengan kecamatan lainnya.

Dari 15 kecamatan di Rejang Lebong yang warganya akan melaksanakan ibadah haji tahun ini diketahui satu kecamatan tidak ada warganya yang berangkat haji tahun ini yaitu dari Kecamatan Kota Padang, sedangkan terbanyak berasal dari Kecamatan Curup sebanyak 52 orang, kemudian Curup Tengah 48 orang. Curup Timur 26 orang, Selupu Rejang sebanyak 27 orang.

Selanjutnya Kecamatan Padang Ulak Tanding 8 orang, Sindang Beliti Ilir 10 orang, Sindang Beliti Ulu 13 orang, Sindang Dataran 7 orang, Sindang Kelingi 18 orang dan Binduriang 8 orang. Kemudian Kecamatan Curup Selatan 27 orang, Curup Utara 15 orang, Bermani Ulu 4 orang dan Bermani Ulu Raya 5 orang.***3***
 

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019