Bengkulu (ANTARA Bengkulu) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Bengkulu menyebutkan, prakiraan gelombang laut di perairan Bengkulu berpeluang tiga meter, meskipun saat ini 2,5 meter.

Gelombang laut tiga meter itu juga terjadi di perairan Barat Bengkulu, perairan Enggano hingga perairan Lampung, kata analisis BMKg stasiun Meterologi Fatmawati Soekarno Bengkulu Rosyidah, Selasa. Ia menjelaskan, angin di perairan Bengkulu, perairan Enggano dan perairan Barat Bengkulu bertiup dari arah Timur hingga Selatan dengan kecepatan berkisar 05-20 knots.

Cuaca di tiga perairan itu hingga 24 Oktober 2012 sebagian besar berpeluang hujan ringan, sedangkan hembusan angin di wilayah itu mencapai 36 kilometer perjam. Dari citra satelit cuaca terlihat daerah liputan awan dan hujan berada di wilayah Sumatra mulai dari Aceh, Sumatera Utara hingga Selat Malaka.

Selain itu juga berpeluang terjadi di kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, Bengkulu dan Samudera Hindia Utara Aceh hingga Selatan Jawa Barat. Angin di wilayah Bengkulu pada umumnya bertiup dari arah Timur hingga Selatan dengan kecepatan 08 - 36 km/ jam atau 05 - 20 knots.

Prakiraan cuaca di wilayah Bengkulu sebagian besar terjadi hujan ringan pada sore hingga malam hari antara lain terjadi di Mukomuko dan Bengkulu Utara, dengan suhu udara berkisar 23-31 derajat celcius dan kelembaban antara 62-97 persen.

Namun cuaca di beberapa kabupaten lainnya seperti di Kota Bengkulu dan Kabupaten Bengkulu Selatan terjadi berawan hingga berawan banyak, dengan suhu udara berkisar 23-32 derjat celcius dan kelembaban antara 58-95 persen, ujarnya.(Z005)

Pewarta:

Editor : Rangga Pandu Asmara Jingga


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012