Bengkulu, (ANTARA Bengkulu) - Para pengusaha tanaman hias di Kota Bengkulu saat ini mulai menggalakkan budi daya tanaman anggrek Vanda Hookeraina karena peminatnya cukup banyak.

Budidaya anggrek peluang usaha meraup rupiah cukup potensi dan tergolong baru, bila dibandingkan ratusan
jenis tanaman lainnya, kata salah seorang pengusaha tanaman hias di kawasan Kebun Tebeng, Kota Bengkulu
Ogi di Bengkulu, Kamis.

Ia mengatakan, tanaman anggrek yang tengah dibudidayakan dan laku keras saat ini adalah Anggrek vanda Hookerina yang populasinya nyaris punah di daerah itu.

Budidaya anggrek vanda hookeriana itu salah satu tanaman yang saat ini menjadi andalan dikota Bengkulu karena berkembangnya tidak terlalu sulit asalkan perawatan dilakukan secara rutin.

“Kondisi lingkungan ataupun cuaca bukanlah halangan untuk membuka usaha anggrek, saat ini diperlukan kreativitas dan sudah tentu keadaan lingkungan penanaman anggrek harus disesuaikan dengan habitatnya aslinya.

Cotohnya, kata dia, pada saat cuaca panas harus mampu mengakalinya dengan paranet agar cahaya matahari tidak menembak langsung ke tanaman tersebut. Paranet juga sangat efektif mengatur intensitas sinar matahari dan jika cuaca hujan saat ini tetap dijaga keadaannya dan paranetlah yang berperan untuk menompang secara langsung
agar tetesan air hujan tidak merusak bakal bunga yang akan mulai tumbuh.

Selain itu paranet juga dapat mencegah gangguan dari luar tanaman seperti halnya dari serangan hama siput dan lainnya, ujarnya.

Harga bunga anggrek vanda itu bisa mencapai jutaan rupiah dalam satu pot yang sudah siap berbunga, sedangkan tanaman siap kuncup di jual Rp100.000 per satu pot berukuran sedang, ujarnya.(amd*Z005)

Pewarta:

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012