Mukomuko (ANTARA Bengkulu) - Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menaburkan sebanyak 10.000 benih ikan nila di kolam dua kelompok pembudi daya ikan di salah satu desa terpencil di daerah itu.

"Bupati sendiri yang menaburkan ribuan ikan nila di kolam dua kelompok pembudi daya ikan (Pokdakan) di desa Karangjaya, Kecamatan Terasterunjam," kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Mukomuko Edi Apriyanto di Mukomuko, Kamis. Ia mengatakan, bantuan benih ikan untuk dua Pokdakan di desa tersebut masih dalam rangkaian memperingati dua hari besar di daerah itu yakni upacara sumpah pemuda dan bulan bhakti gotong royong masyarakat.

Selain  itu,  dua Pokdakan di desa tersebut juga merupakan binaan pemerintah setempat dalam menjalankan program untuk penyediaan kebutuhan ikan darat bagi masyarakat di daerah itu. "Saat peringatan dua hari besar itu lah bupati secara resmi menaburkan benih ikan di kolam Pokdakan di desa tersebut," ujarnya.

Bupati Mukomuko, Ichwan Yunus, mengajak masyarakat di desa itu untuk giat berwiraswasta seperti salah satunya dengan beternak ikan sehingga hasilnya bisa membantu ekonomi keluarganya.

Menurut dia, perkembangan wiraswasta di tengah masyarakat saat ini sudah menunjukkan kemajuan yang baik untuk itu kedepan perlu dipertahankan dan lebih ditingkatkan lagi. Setelah itu, ia berharap, akan tumbuh semakin kelompok beternak ikan lain di daerah itu dan bantuan benih dan pakan akan diupayakan dari pemerintah setempat.(FTO)

Pewarta:

Editor : Rangga Pandu Asmara Jingga


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012