Palembang (ANTARA Bengkulu) - Sejumlah jamaah haji dari kelompok terbang enam yang tiba di Palembang, Rabu kelelahan sehingga mereka diangkut menggunakan mobil ambulan masuk asrama haji.

Jamaah haji yang kekelahan itu di antaranya bernama Juairiah, Lilik, Sumarto dan Rosmina dan setelah beristirahat beberapa saat mereka langsung menuju ke rumahnya masing-masing, kata Humas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Embarkasi Sumsel Abdul Qudus.

Memang, jamah haji asal Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur dan Palembang itu sebagian sudah usia tua sehingga mereka mengalami kelelahan setelah menempuh perjalanan selama sembilan jam.

Menurut dia, jamaah haji kelompok terbang enam tersebut sebenarnya berjumlah 359 orang, namun seorang bernama Ahmad Dahlan (79) meninggal di Arab Saudi sehingga yang pulang ke kampung halaman hanya 358.

Lebih lanjut dia mengatakan, dari kelompok terbang enam ada dua jamaah dari Kloter 20 yang bergabung karena sakit.

Jamaah haji yang minta pulang duluan tersebut bernama Ulyanah dan Jeremi Slamet S, dan mereka sekarang dirawat lebih lanjut oleh keluarga.

Menurut dia, pemulangan jamaah haji Sumsel hingga kelompok terbang enam berjalan lancar dan tidak mengalami hambatan berarti.

Memang, ada beberapa jamaah haji yang mengalami sakit dalam perjalanan, tetapi mereka selamat dalam perjalanan, ujar dia.

Pemulangan jamaah haji Sumsel dan Bangka Belitung terus berlanjut, sementara jadwalnya sendiri pihaknya masih menunggu petunjuk panitia dari Arab Saudi, tambah dia. (ANT)

Pewarta:

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012