Pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS di SMK Negeri 3 Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, Jumat siang menarik perhatian sejumlah pihak karena dilakukan menggunakan sistem elektronik voting (e-voting).

Kepala Sekolah SMKN 3 Rejang Lebong, Asep Suparman mengatakan pemilihan ketua OSIS dengan menggunakan e-voting tersebut merupakan ide dari guru teknik komputer jaringan bersama para siswanya, mengingat sekolah itu sudah memiliki jurusan teknik komputer jaringan.

"Pemanfaatan e-voting dalam pemilih ketua OSIS yang kita gelar dalam Pemilu raya tadi merupakan salah satu gagasan di era idustri 4.0," ujar dia.

Pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS SMKN 3 Rejang Lebong itu sendiri kata dia, merupakan bagian dari upaya kita melatih para siswa untuk berdemokrasi.
Penerapan e-voting dalam pemilihan ketua OSIS yang mereka laksanakan itu sendiri berjalan mudah dan cepat, karena sebelum menggunakan e-voting mereka harus meminjam bilik dan kotak suara dari KPU Rejang Lebong, serta mencetak kertas suara.

"Pada penerapan e-voting panitia hanya menyiapkan 30 unit komputer yang ada di sekolah, sehingga para siswa yang akan memberikan hak suaranya cukup mendatangi komputer yang telah disiapkan oleh panitia," urainya.

Pelaksanaan pemilihan ketua OSIS dengan menggunakan e-voting kali ini tambah dia, mereka selenggarakan bekerjasama dengan KPU Rejang Lebong, di mana sebelum pelaksanaan pemungutan suara KPU Rejang Lebong memberikan pemahaman terkait dengan pemilihan.

Sementara itu, Ketua KPU Rejang Lebong Restu S Wibowo bersama komisioner KPU lainnya saat memantau langsung pelaksanaan pemilihan ketua OSIS SMKN 3 Rejang Lebong dengan sistem e-voting ini memberikan apreasiasi kepada SMKN 3 Rejang Lebong yang telah menerapkan e-voting.

"Ini merupakan langkah bagus dan kami dari KPU Rejang Lebong sangat mengapreasiasi kegiatan ini, meskipun masih perlu dilakukan penyempurnaan namun ini sudah cukup bagus," ungkapnya.

Dia berharap program pemilihan dengan e-voting ini kedepannya bisa dikembangkan lebih baik lagi sehingga bisa di contoh sekolah-sekolah lainnya di Rejang Lebong.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019