Pejabat Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu menyatakan 56 desa di daerah itu akan melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahap ketiga.

"Ada 56 desa yang akan melaksanakan Pilkades serentak di Rejang Lebong, di mana pelaksanaannya baru akan dilaksanakan tahun depan kendati masa jabatan mereka sudah habis pada tahun 2019 ini," ujar Kabid Kelembagaan, Sosbud dan Pemerintahan Desa DPMD Rejang Lebong, Bobby Harpa Santana saat dihubungi di Rejang Lebong, Minggu.

Pelaksanaan Pilkades serentak di wilayah itu kata dia, dilaksanakan tahun depan karena pada tahun ini bersamaan dengan pelaksanaan Pemilu Legislatif dan Pilpres, sehingga pelaksanaannya akan dilaksanakan 2020 mendatang.

Dari 56 desa yang akan melaksanakan Pilkades serentak tersebut kata dia, sebanyak 54 jabatan kepala desanya berakhir terhitung sejak 27 Agustus 2019, dan pada 2020 nanti cuma ada dua jabatan kepala desa.

Untuk mengisi kekosongan jabatan kepala desa ini selanjutnya akan ditunjuk penjabat kepala desa yang ditunjuk oleh camat dan diprioritaskan PNS yang berdomisili di kecamatan masing-masing, atau bisa juga dijabat oleh pelaksana tugas (Plt) kepala desa dari masyarakat masing-masing desa.

Sementara itu, pelaksanaan Pilkades serentak di Rejang Lebong ini tambah dia, akan dilaksanakan sebelum pelaksanaan Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Rejang Lebong dan Pilgub Bengkulu yang akan dilaksanakan pada September 2020.

Adapun 56 desa yang akan menggelar Pilkades serentak 2020 nantinya antara lain dalam Kecamatan Curup Utara empat desa, tiga desa di Curup Timur. Curup Selatan empat desa, satu desa di Curup Tengah.

Selanjutnya dalam Kecamatan Sindang Kelingi empat desa, Sindang Dataran satu desa. Kota Padang lima desa, Kecamatan Sindang Beliti Ilir ada lima desa. Selanjutnya Kecamatan Bermani Ulu terdapat delapan desa, empat desa dalam Kecamatan Bermani Ulu Raya.

Kemudian empat desa di Kecamatan Padang Ulak Tanding, Kecamatan Binduriang tiga desa, Sindang Beliti Ulu lima desa serta lima desa di Kecamatan Selupu Rejang.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019