Mukomuko, Bengkulu (ANTARA Bengkulu) - Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, pada akhir 2012 akan membagikan sebanyak 320.000 benih ikan lele dan nila kepada 30 kelompok pembudidaaya ikan di daerah itu.

"Rencananya tahun ini juga pembagian bantuan sebanyak 320.000 benih ikan lele dan nila dibagikan kepada 30 kelompok pembudidaya ikan (Pokdakan)," kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Mukomuko, Eddy Apriyanto, di Mukomuko, Minggu.

Ia menyebutkan, bantuan ratusan ribu benih ikan itu merupakan salah satu program DKP setempat tahun 2012 yang sumber pembiayaanya penggadaan benih ikan lele dan nila itu berasal dari APBD setempat.

Sedangkan secara teknis pembagian bantuan, menurut dia, setiap Pokdakan akan mendapatkan bantuan sebanyak 10.000 ekor benih ikan, namun pembagian bantuan benih ikan itu akan dilakukan secara bertahap tidak sekaligus kepada 30 kelompok pembudidaaya ikan (Pokdakan).

"Kemungkinan tahap pertama ini bantuan benih ikan diberikan untuk 10 Pokdakan, setelah itu baru sisanya," ujarnya.

Ia menambahkan, sebelumnya pada tahun ini juga instansi itu melalui balai benih ikan (BBI) di Kecamatan Lubuk Pinang telah menyalurkan sebanyak 180.000 ekor benih ikan kepada Pokdakan.

Namun, kata dia, teknis penyaluran itu tidak langsung dibagikan kepada Pokdakan tetapi Pokdakan sendiri yang datang ke BBI mengambil benih ikan yang mereka perlukan untuk usaha perikanannya.

"Mayoritas Pokdakan sendiri yang mengambil benih ikan tersebut dan benih ikan itu umumnya diberikan gratis," ujarnya lagi. (ant)

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012