Los Angeles (ANTARA Bengkulu) - Legenda sepak bola David Beckham mengatakan dirinya akan memainkan pertandingan terakhirnya dengan Los Angeles Galaxy ketika klub Liga Amerika Serikat itu menjamu Houston di pertandingan Piala MLS bulan depan, namun ke mana ia akan berkiprah selanjutnya masih menjadi misteri.

Mantan kapten Inggris berusia 37 tahun dan veteran tiga Piala Dunia ini tidak memberi indikasi bahwa dirinya akan pensiun dari olahraga.

"Saya memiliki saat istimewa ketika bermain untuk LA Galaxy, Bagaimanapun, saya ingin mengalami satu tantangan terakhir sebelum akhir karir bermainku," kata Beckham dalam rilis pers pada Senin (Selasa WIB).

Beckham menjadwalkan mengadakan konferensi pers di Los Angeles pada Selasa.

Bintang sepak bola ini telah menghabiskan enam musim terakhir dengan Galaxy, memimpin Los Angeles ke gelar Piala MLS pada tahun lalu ketika mereka mengalahkan Houston Dynamo 1-0.

Beckham dan Galaxy berada di jalur yang tepat untuk meraih mahkota kedua mereka secara berturut-turut, ketika mereka menghadapi Dynamo yang merupakan ulangan final tahun lalu pada 1 Desember di Home Depot Center.

Beckham mengatakan pada pernyataan yang dirilis oleh tim bahwa pertandingan itu akan menjadi pertandingan terakhirnya untuk Galaxy, di saat dirinya dapat bergerak maju dan menjadi salah satu pemilik tim AS itu di masa yang akan datang.

"Saya tidak melihat hal ini sebagai akhir dari hubunganku dengan liga sebab ambisi saya adalah untuk ambil bagian di struktur kepemilikan pada masa yang akan datang," ucapnya.

Beckham tidak menjelaskan secara spesifik apa yang dimaksudnya sebagai "satu tantangan terakhir" atau apa yang ia rencanakan untuk dilakukannya setelah meninggalkan Galaxy.

Terdapat sejumlah laporan yang menyebutkan liga profesional Italia berusaha merekrutnya, dan terdapat pernyataan dari ketua eksekutif Melbourne Heat Scott Munn, yang mengatakan bahwa klubnya akan menyodorkan tawaran.

Nama Beckham juga dihubung-hubungkan dengan Western Sydney Wanderers, sedangkan Central Coast Mariners, yang bermarkas di Utara Sydney, memiliki niat serupa.

Terdapat juga ketertarikan dari sejumlah klub Eropa di mana Paris Saint Germain pernah berupaya mendatangkan Beckham pada awal tahun ini, dan ia sempat dua kali memperkuat AC Milan sebagai pemain pinjaman pada 2009 dan 2010.

Bagaimanapun, kelihatannya kecil peluang bagi Beckham untuk kembali bermain di Liga Utama Inggris.

"Sepanjang waktuku di sini saya telah melihat popularitas permainan ini tumbuh setiap tahun," kata Beckham mengenai masa kerjanya di Los Angeles.

"Saya beruntung dapat memenangi sejumlah trofi, namun yang lebih penting adalah penerimaan fantastis yang saya dapat dari para penggemar di LA dan seluruh negeri. Potensi sepak bola tidak memiliki batas di negeri indah ini, dan saya selalu ingin menjadi bagian dari pertumbuhannya."

Ini merupakan "pertandingan kompetitif terakhir Beckham dengan Galaxy," kata juru bicara Galaxy Justin Pearson pada Senin.

Pearson mengatakan dirinya tidak tahu apa yang akan diucapkan Beckham pada Selasa.

"Ia berkata apa yang ingin ia katakan," balas Pearson. "Itu akan didiskusikan besok. Apakah ada jawaban atau tidak itu belum diketahui."

Beckham memperkuat Inggris pada 115 pertandingan, mencetak 17 gol, serta menjadi kapten tim itu pada lebih dari 50 kesempatan.

Ia meraih enam gelar Liga Utama Inggris saat memperkuat Manchester United selama 12 tahun, di mana ia juga dua kali memenangi Piala FA dan gelar Liga Champions pada 1999.

Pada Juli 2003, Beckham pindah ke Real Madrid, dan membantu mereka menjuarai gelar Liga Spanyol 2006/2007. Ia bergabung dengan Galaxy setahun kemudian, dengan melakukan debut pada pertandingan persahabatan melawan Chelsea di Home Depot Center.

"Jarang terjadi seorang atlet dapat mendefinisikan ulang olahraga," kata Tim Leiweke, presiden Anschutz Entertainment Group yang merupakan perusahaan pemilik Galaxy.

"David bukan hanya membawa merk kami ke level lain, namun ia membawa olahraga ke level lain yang merupakan kehormatan dan keistimewaan untuk dapat menjadi bagian dari dunianya, dan yang lebih penting, memiliki dia sebagai bagian dari kami."

Beckham membantu pertumbuhan olahraga di AS, namun waktunya di Kalifornia Selatan tidak berlalu tanpa diwarnai kontroversi.

Ia memiliki hubungan yang pasang-surut dengan para penggemar. Saat bermain di Eropa sebagai pemain pinjaman, yang membuat ia absen pada beberapa pertandingan Liga AS, sejumlah pendukung Los Angeles yang kesal pada Beckham membentangkan poster-poster saat pertandingan berlangsung yang bertuliskan "Pulanglah, penipu!" dan "Pemain paruh waktu." (ant)

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012