Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, kini telah mencetak 1.576 keping Kartu Identitas Anak (KIA) untuk anak-anak di daerah itu.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Rejang Lebong, Muradi melalui Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk, Mei Susanti Harahap di Rejang Lebong, Senin, mengatakan proses pencetakan KIA secara massal tersebut mereka lakukan sejak beberapa bulan belakangan.

"Saat ini kita sudah melakukan pencetakan KIA secara massal, untuk tahap awal ini sasarannya adalah pelajar SD baik yang ada di sekolah-sekolah negeri maupun swasta," kata Mei Susanti.

Pencetakan KIA secara massal ini mereka lakukan sejak September lalu dengan meminta sekolah-sekolah yang berada di dalam kota guna mengumpulkan berkas persyaratan pencetakan KIA secara kolektif dari masing-masing sekolah.

Adapun sekolah yang menjadi sasaran pencetakan KIA, yakni SDN 1 dan SDN 2 Rejang Lebong. Untuk SDN 1 Rejang Lebong berkas yang mereka terima sebanyak 364 anak. Namun setelah dilakukan pemeriksaan maka yang bisa dicetak untuk 258 anak, sedangkan 198 lainnya dikembalikan ke pihak sekolah, karena datanya tidak sama dengan data kependudukan, belum lengkap dan berdomisili di luar Rejang Lebong.

Kemudian di SDN 2 Rejang Lebong pihaknya menerima sebanyak 630 data anak, dan setelah dilakukan pemeriksaan yang bisa dicetak sebanyak 515 orang, sisanya 115 berkas dikembalikan guna dilengkapi.

Sementara itu, untuk pencetakan KIA dari sekolah swasta yakni SDITA Taman Harapan dengan data anak lebih dari 1.000 orang dan SDIT Khoiru Ummah berjumlah ratusan orang, belum bisa mereka proses karena datanya belum lengkap, belum ada keterangan golongan darah.

Sejauh ini pihaknya masih kata dia, masih melayani pencetakan KIA untuk anak SD dan tahun selanjutnya akan diteruskan ke anak usia SMP, selain itu mereka juga akan memberikan kesempatan pencetakan KIA kepada sekolah-sekolah yang berada di kecamatan pelosok baik negeri maupun swasta.

"Saat ini KIA yang sudah dicetak sebanyak 1.576 keping, dan untuk stok blankonya masih ada 17.924 keping. Pencetakan KIA kita agak terlambat dari daerah lainnya karena sebelumnya kita terkendala riborn, namun kini sudah ada," jelas dia.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019