Ketua DPD Partai Nasional Demokrat Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu Susilawati menjadi kandidat perempuan pertama yang mendaftarkan diri sebagai Calon Kepala Daerah (Cakada) untuk Pilkada setempat tahun depan.

"Saya selaku ketua DPD Partai NasDem Rejang Lebong menjadi yang pertama kali mendaftarkan diri di Pansel penjaringan oleh Partai NasDem dengan mengambil formulir pendaftaran untuk calon bupati tahun 2020," ujar Susilawati ditemui di Sekretariat DPD Partai NasDem Rejang Lebong.

Isteri dari Bupati Kabupaten Rejang Lebong dua periode 2005-2010-2015 tersebut, mengaku maju sebagai calon dalam Pilkada daerah itu karena ingin meneruskan cita-cita suaminya pada 10 tahun belakangan yang belum terwujud.

"Sesuai dengan permintaan masyarakat Rejang Lebong yang meminta program-program pak Suherman (suaminya-red) yang belum tuntas dulu agar dilanjutkan, yang utama jalan dan irigasi," tambah dia.

Sejauh ini Partai NasDem Rejang Lebong yang pada Pemilu legislatif pada 17 April 2019 lalu, merebut tiga kursi di DPRD Rejang Lebong sehingga harus menjalin komunikasi dengan beberapa parpol lainnya guna berkoalisi supaya bisa memenuhi kuota enam kursi dewan sebagai syarat mengusung kandidat sendiri.

"Kemarin saya juga sudah mengambil formulir di Pansel Calon Kepala Daerah di Partai Hanura Rejang Lebong, dan saya juga akan mengambil formulir pendaftaran di beberapa parpol lainnya," ujar dia.

Nama Susilawati Suherman, mencuat setelah sebelumnya mengambil formulir pendaftaran di Partai Hanura dan NasDem Rejang Lebong, dengan demikian menambahkan deretan nama-nama kandidat yang lebih dahulu sudah muncul pada pendaftaran yang dibuka oleh PDIP, Partai Golkar dan Hanura.

Sebelumnya, pada penjaringan Cakada PDIP Rejang Lebong pada 11-19 September terdapat tujuh nama yang mengembalikan berkas yang berasal masyarakat umum dan pengurus PDIP Rejang Lebong diantaranya Robiansyah, Syamsul Efendi, Hendra Wahyudiansyah, Muhammad Fikri, Putrado Herliansyah dan Heri Aprianto.

Sedangkan pendaftaran yang dibuka oleh Partai Hanura terhitung 18 September -18 Oktober saat ini masih berjalan, dan hal yang sama juga terlihat di penjaringan Cakada yang di buka oleh Partai Golkar Rejang Lebong 4-12 Oktober nanti.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019