Bengkulu (ANTARA Bengkulu) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Bengkulu memprakirakan gelombang laut di perairan Samudra Hindia barat daya Enggano mencapai tiga meter.

"Prakiraan gelombang laut tiga meter itu berdasarkan peringatan dini BMKG Bengkulu untuk kurun 12 jam ke depan, dan ini perlu diwaspadai," kata analis BMKG Stasiun Meteorologi Fatmawati Soekarno Bengkulu Diah Novita Astuti, Selasa.

Sementara prakiraan gelombang laut di perairan Samudra Hindia barat Bengkulu dua meter lebih rendah dari sebelumnya mencapai 2,5 meter. Gelombang laut di perairan Bengkulu dan perairan Enggano rata-rata tinggi 1,5 meter, khusus angin di wilayah perairan Bengkulu bertiup dari timur laut hingga barat daya dengan kecepatan berkisar 03-15 knots.

Kemudian angin di perairan Enggano bertiup dari arah tenggara hingga barat daya dengan kecepatan berkisar 05-16 knots, di wilayah itu berpeluang hujan ringan. Sedangkan angin di Samudra Hindia Barat Bengkulu bertiup dari arah Tenggara hingga Barat Daya dengan kecepatan antara 07-17 knots.

Dari citra satelit cuaca terlihat daerah liputan awan dan hujan berada di sebagian besar Sumatera Barat, Kep. Mentawai, Sumatera Selatan, Riau hingga Selat Sunda. Angin di wilayah Bengkulu pada umumnya bertiup dari arah Timur Laut hingga Barat Daya dengan kecepatan 05 - 26 km/ jam atau 03 - 15 knots.

Prakiraan cuaca di wilayah Bengkulu pada umumnya terjadi hujan ringan pada sore hingga malam hari, terutama di wilayah Mukomuko, Bengkulu Tengah dan Kabupaten Lebong, dengan suhu berkisar 20-28 derajat Celcius dan kelembaban antara 69-98 persen, ujarnya.(Z005)

Pewarta:

Editor : Rangga Pandu Asmara Jingga


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012