Lima partai politik di Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu saat ini telah membuka penjaringan calon kepala daerah yang akan diusung pada pemilihan kepala daerah (pilkada) tahun depan.

Adapun lima partai politik yang memiliki kursi di DPRD Rejang Lebong yang telah membuka penjaringan bakal calon kepala daerah ini, yaitu PDI Perjuangan, Hanura, Golkar, NasDem dan terbaru adalah DPD PAN Rejang Lebong.

Ketua DPD PAN Rejang Lebong, M Fikri Thobari saat membuka penjaringan calon kepala daerah di DPD PAN Rejang Lebong, Minggu, mengatakan, mereka baru membuka proses penjaringan karena dilakukan serentak dengan penjaringan ditingkat provinsi untuk pemilihan gubernur dan wakil gubernur serta tujuh kabupaten lainnya di Bengkulu.

"Proses penjaringan ini dibagi menjadi dua tahapan, yakni tahap pengambilan formulir dimulai dari 12 Oktober sampai 26 Oktober, sedangkan pengembalian dilaksanakan mulai pada 28 Oktober sampai 12 November," kata dia.

Pada proses penjaringan ini, tambah dia, terbuka untuk umum sehingga selain kader partai, masyarakat luar juga bisa mendaftar di partai berlambang matahari terbit ini guna bertarung dengan kandidat lainnya.

Sementara itu, ketua tim penjaringan calon kepala daerah Partai Golkar Rejang Lebong, Wahono mengatakan, proses penjaringan yang mereka laksanakan dimulai dari 4-12 Oktober, namun diperpanjang sampai 14 Oktober sama dengan batas akhir penjaringan calon kepala daerah pemilhan gubernur Bengkulu yang digelar DPD Partai Golkar Bengkulu.

"Tanggal 14 Oktober ini selain penutupan batas akhir pengambilan formulir pendaftaran juga langsung pengembalian berkas pendaftaran sampai 26 Oktober nanti. Setelah pendaftaran ini, berkas mereka akan kami periksa satu persatu, akan dalami misi visi, kemudian yang memenuhi syarat akan kita rekomendasikan ke DPD I," katanya.

Para kandidat yang mengambil formulir pendaftaran di Partai Golkar tersebut kata Wahono, semuanya perorangan atau bukan berpasangan, mereka ini nantinya bisa menentukan pasangannya sendiri atau ditentukan oleh koalisi partai.

Proses pendaftaran calon kepala daerah ini juga masih berlangsung di DPD Partai Hanura Rejang Lebong yang dimulai dari 18 September hingga 18 Oktober.

Selanjutnya penjaringan oleh Partai NasDem Rejang Lebong dibuka mulai 5-23 Oktober nanti, sedangkan penjaringan oleh PDI P setempat sudah dilaksanakan 11-19 September lalu.

Sejauh ini masih ada lima partai politik yang mendapatkan kursi di DPRD Rejang Lebong yang belum membuka penjaringan kandidat calon kepala daerah, yakni partai Demokrat, Perindo, Gerindra, PKB dan PKS.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019