Dinas Kesehatan Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu menargetkan tahun ini seluruh Puskesmas tersebar dalam 21 kecamatan di daerah itu sudah terakreditasi.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Rejang Lebong, Syamsir di Rejang Lebong, Kamis, mengatakan dari 21 Puskesmas tersebut 18 di antaranya sudah terakreditasi dan tiga Puskesmas lainnya akan menjalani akreditasi dalam waktu dekat ini.

"Dari 21 Puskesmas yang ada di Rejang Lebong saat ini belum terakreditasi masih ada tiga Puskesmas lagi, di mana dalam waktu dekat ini ketiganya akan menjalani proses akreditasi, sehingga tahun depan 21 Puskesmas di Rejang Lebong semuanya sudah terakreditasi," kata dia.

Ketiga Puskesmas yang akan menjalani proses akreditasi ini yaitu Puskesmas Talang Rimbo Lama di Kecamatan Curup Tengah, Puskesmas Tanjung Agung di Kecamatan Sindang Beliti Ulu dan Puskesmas Sumber Urip di Kecamatan Selupu Rejang.

Proses akreditasi yang dilakukan terhadap tiga Puskesmas tersebut tambah dia, harus dilaksanakan sehingga nantinya bisa memberikan kepuasan pelayanan yang diantaranya mengenai manajemen, capaian serta capaian kesehatan masyarakat.

Sementara itu, selain masih ada tiga Puskesmas yang menjalani proses akreditasi kata dia, juga terdapat empat Puskesmas yang sedang menjalani re-akreditasi yakni Puskesmas Curup di Kecamatan Curup, Puskesmas Sambirejo, Kecamatan Selupu Rejang, Puskesmas Tunas Harapan Kecamatan Curup Utara dan Puskesmas Perumnas Kecamatan Curup Tengah.

Empat Puskesmas yang menjalani re-akreditasi yang dilaksanakan setiap tiga tahun sekali, di mana untuk Puskesmas Curup, Puskesmas Sambirejo dan Puskesmas Perumnas sudah terakreditasi dan untuk Puskesmas Tunas Harapan terakreditasi madya.

Dengan adanya re-akreditasi yang dilaksanakan oleh empat Puskesmas yang sudah terakreditasi pada 2016 lalu itu nantinya status akreditasi masing-masing diharapkan akan naik dari dasar bisa naik menjadi madya dan untuk madya naik menjadi utama maupun paripurna.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019