Bengkulu (ANTARA Bengkulu) - Analis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Bengkulu mengimbau para nelayan mewaspadai gelombang laut setinggi 3,5 meter di perairan barat Bengkulu.

"Prakiraan gelombang laut setinggi 3,5 meter itu akan diiringi angin kencang, sehingga membahayakan perahu dan kapal nelayan," kata analis BMKG Stasiun Meteorologi Fatmawati Soekarno Bengkulu Suparwi, Senin. Ia menjelaskan gelombang laut di perairan Bengkulu dan perairan Enggano 12 jam ke depan rata-rata tiga meter, lebih tinggi dari sebelumnya 1,8 meter.

Angin di perairan barat Bengkulu berhembus dari barat laut hingga timur laut dengan kecepatan 08-22 knots.
Sedangkan angin di perairan Bengkulu berhembus dari barat hingga timur laut dengan kecepatan 05-20 knots.
Kemudian angin di perairan Enggano berhembus dari barat laut hingga timur laut dengan kecepatan 07-20 knots. Di wilayah itu terjadi hujan lebat.

Peringatan dini BMKG menyebutkan gelombang laut setinggi 3,5 meter juga akan terjadi di perairan Samudra Hindia barat Enggano dan disertai angin kencang serta hujan lebat. Dari citra satelit cuaca terlihat daerah liputan awan dan hujan berada di seluruh wilayah Sumatera, Selat Malaka, Kepulauan Mentawai, Selat Sunda, dan Samudra Hindia utara Aceh hingga selata Jawa.

Angin di wilayah Bengkulu pada umumnya bertiup dari barat hingga timur laut dengan kecepatan 08-36 km per jam, atau 05-20 knots. Prakiraan cuaca di wilayah Bengkulu pada umumnya hujan ringan hingga sedang, dengan suhu udara 18-31 derajat Celcius, dan kelembaban 70-98 persen."Khusus di Kabupaten Mukomuko dan Bengkulu utara akan terjadi hujan sedang hingga lebat, dengan suhu udara 23-30 derajat Celcius, dan kelembaban 68-100 persen," ujarnya.(Z005)

Pewarta:

Editor : Rangga Pandu Asmara Jingga


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012