Mantan Ketua Umum (Ketum) Partai Nasdem Patrice Rio Capella, Sabtu (26/10) mengembalikan berkas pendaftaran sebagai Bakal Calon (Balon) Gubernur Bengkulu pada Pilkada serentak 2020 ke DPD Partai Golkar Provinsi Bengkulu.

Rio mengatakan, kedatangannya secara langsung untuk mengembalikan berkas penjaringan ke DPD Partai Golkar Provinsi Bengkulu ini merupakan bentuk keseriusannya untuk maju dalam Pilkada serentak 2020 mendatang sebagai calon gubernur.

Baca juga: Rohidin daftar ke PPP, Rosjonsyah kembalikan berkas ke Hanura

"Saya tidak pernah berfikir untuk menjadi wakil. Itu masa lalu, sudah sekitar 15 tahun lalu saya sebagai calon wakil. Jadi kalau hari ini saya mencalon sebagai calon wakil lagi itu merupakan kemunduran politik bagi saya. Saya akan maju sebagai calon gubernur," kata mantan anggota DPR RI periode 2014-2019 dari Dapil Provinsi Bengkulu ini.

Rio menjelaskan, saat dilakukan verifikasi berkas oleh tim penjaringan Balon Gubernur Bengkulu dari DPD Partai Golkar Provinsi Bengkulu, ada beberapa berkas yang belum lengkap. Rio mengaku akan segera melengkapi kekurangan berkas itu secepatnya.

Rio meyakini tim penjaringan DPD Partai Golkar Provinsi Bengkulu akan objektif dalam menentukan siapa nama calon Gubernur dan Wakil Gubernur Bengkulu dalam Pilkada 2020 mendatang yang akan direkomendasikan ke DPP Partai Golkar.

Golkar, kata Rio, merupakan partai politik yang memiliki pengalaman panjang dalam perhelatan politik di Indonesia. Baik ditingkat nasional maupun daerah.

"Saya yakin bahwa Partai Golkar yang merupakan partai berpengalaman ini bisa mengusulkan mungkin nama saya kepada DPP Partai Golkar untuk di verifikasi dan kalau bisa ditetapkan," papar pria berdarah Rejang ini.

Baca juga: Empat calon gubernur daftar ke Partai Perindo

Rio juga memastikan bahwa ia tetap maju dalam pencalonan sebagai Gubernur Bengkulu melalui jalur partai politik. Ia menegaskan tidak menyiapkan upaya maju melalui jalur perseorangan atau independen.

Selain ke DPD Partai Golkar Provinsi Bengkulu, di hari yang sama Rio juga mengembalikan berkas pendaftaran ke DPW PAN Provinsi Bengkul, DPW Partai Perindo dan DPW PKS. Sebelumnya Rio juga telah mengembalikan berkas ke DPW Partai Nasdem Bengkulu.

Selain Rio, pejabat eselon I Kementerian ATR/BPN Izda Putra juga mengembalikan berkas pendaftaran sebagai calon Gubernur Bengkulu ke DPD Partai Golkar Provinsi Bengkulu. Izda diketahui juga pernah menjabat sebagai Kakanwil BPN Provinsi Bengkulu.

Mantan Gubernur Bengkulu Agusrin M Najamudin juga mengembalikan berkas pendaftaran sebagai bakal calon Gubernur Bengkulu ke DPD Partai Golkar Provinsi Bengkulu. Agusrin diketahui mengikuti seluruh penjaringan bakal calon gubernur yang dibuka oleh partai politik.

Baca juga: Maju Pilkada Bengkulu, Rohidin daftar ke Golkar

Sementara itu, Sekretaris Penjaringan calon kepala daerah DPD Partai Golkar Provinsi Bengkulu Fretindo mengatakan, hari ini Sabtu (26/10) adalah hari terakhir penerimaan berkas bakal calon gubernur dan wakil gubernur. Pengembalian berkas akan ditutup pada pukul 23.59 WIB.

Sejauh ini sudah ada 6 orang bakal calon gubernur dan 2 orang bakal calon wakil gubernur yang sudah mengembalikan formulir. Mereka diantaranya gubernur petahana Rohidin Mersyah, Bupati Rejang Lebong Ahmad Hijazi, Bupati Lebong Rosjonsyah, Patrice Rio Capella dan mantan Gubernur Bengkulu Agusrin M Najamudin.

Setelah pengembalian berkas ditutup, tim penjaringan akan melakukan verifikasi berkas bakal calon. Selanjutnya tim akan merekomendasikan beberapa nama ke DPP Partai Golkar untuk ditetapkan sebagai calon gubernur dan wakil gubernur.

Pewarta: Carminanda

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019