Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah mengambil formulir pendaftaran sebagai bakal calon (Balon) Gubernur Bengkulu periode 2020-2024 dalam Pilkada serentak 2020 ke DPD Partai Golkar Provinsi Bengkulu. Golkar menjadi partai ke-5 Rohidin mendaftar sebagai Balon gubernur setelah sebelumnya mendaftar ke PDIP, Nasdem, Gerindra dan Hanura.

Sebelumya sudah ada beberapa tokoh Bengkulu yang mengambil formulir pendaftaran sebagai Balon gubernur ke DPD Partai Golkar Provinsi Bengkulu diantaranya mantan Gubernur Bengkulu Agusrin M Najamudin, Ketua Dewan Pembina DPD PDI-P Bengkulu Dadang Mishal, mantan anggota DPR RI Patrice Rio Capela, Bupati Lebong Rosjonsyah, Bupati Rejang Lebong dan Ahmad Hijazi. Sedangkan Balon Cawagub ada Sasriponi dan Herliardo.

"Saya sengaja secara pribadi kantor sekretariat DPD Partai Golkar Provinsi Bengkulu untuk mendaftarkan diri sebagaimana tahapan-tahapan yang diatur oleh internal partai Golkar," kata Rohidin usai mengambil formulir bakal calon Gubernur Bengkulu.

Untuk menjaga peluangnya maju dalam pencalonan Gubernur dan Wakil Gubernur mendatang, Rohidin mengatakan akan mendaftar keseluruh Partai Politik pemilik kursi di DPRD Provinsi Bengkulu yang membuka penjaringan.

Rohidin juga memastikan tidak akan maju dalam pemilihan gubernur melalui jalur perseorangan. Menurutnya, ia lebih pas dan cocok maju melalui jalur partai politik.

"Tentu partai politik akan menilai kelayakan untuk seorang calon diusung menjadi calon gubernur. Apa pun keputusannya kita legowo," kata Rohidin.

Terkait siapa bakal calon Wakil Gubernur yang akan mendampinginya dalam pencalonan mendatang, kata Rohidin, ia menyerahkan hal tersebut sepenuhnya kepada koalisi partai pengusung.

Sejauh ini, dari 5 partai politik yang didaftar, baru PDI Perjuangan yang telah dikembalikan formulirnya oleh Rohidin. Sedangkan partai lainnya sedang menunggu penjadwalan.

Selain PDIP, Nasdem, Gerindra, Hanura dan Golkar partai lainnya seperti PAN dan PKS diketahui juga sudah membuka pendaftaran untuk penjaringan bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur. Sedangkan partai lainnya seperti Perindo dan PPP sejauh ini belum membuka penjaringan.

Pewarta: Carminanda

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019