Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu tahun ini akan memberangkatkan 100 warga di daerah itu dalam program umrah secara gratis.

Asisten I Bidang Tata Praja, Hukum dan Kesra Pemkab Rejang Lebong, Pranoto Majid di Rejang Lebong, Sabtu, mengatakan kalangan warga yang akan mengikuti program umrah gratis tersebut adalah warga sesuai dengan kriteria dan kebijakan bupati setempat seperti masyarakat yang dinilai memiliki prestasi, tokoh agama dan lainnya.

"Peserta umrah gratis ini rencananya akan berangkat pada tanggal 13 November nanti. Sedangkan untuk pendaftar program umrah gratis tersebut saat ini sudah ada 162 orang, jumlahnya sudah melebihi kuota yang dibutuhkan sebanyak 100 orang," kata dia.

Banyaknya warga mendaftarkan diri dalam program umrah gratis tersebut sehingga pihaknya akan melakukan seleksi calon peserta yang sudah mendaftarkan  diri itu.

Dari jumlah peserta yang mendaftarkan diri itu tambah dia, diketahui terdapat lima orang yang mendapat hadiah umrah gratis dari Pemkab Rejang Lebong atas prestasi yang ditorehkan masing-masing.

Adapun kelima warga setempat yang mendapat hadiah umrah gratis ini di antaranya diberikan kepada Hanifah Duraotun Nasyirah juara hafiz Alquran 30 juz, kemudian Egi Fatli Pranata juara 1 nasional lempar lembing.

Kemudian atas nama Ruhiyat Kepala Desa Rimbo Recap, Kecamatan Curup Selatan yang berhasil membawa BUMDes Rimbo Recap menjadi terbaik ditingkat nasional. Seterusnya Bambang Irawan warga Desa Air Lanang, Kecamatan Curup Selatan yang mendapat penghargaan dari Kementerian LHK dan Cyndi Marcelle atlit tinju perempuan nasional.

Pelaksanaan program umrah gratis itu sendiri sudah dilaksanakan Pemkab Rejang Lebong sejak 2017 lalu, di mana tahap pertama dengan jumlah peserta sebanyak 30 orang, kemudian pada 2018 bertambah menjadi 50 orang serta tahun ini sebanyak 100 orang.

Program umrah gratis yang dilaksanakan daerah itu kata Pranoto, untuk menyukseskan program Kabupaten Rejang Lebong religius, di mana anggaran yang disiapkan untuk pembiayaannya mencapai Rp2,7 miliar.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019