Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, pada 2020 berencana memperbaiki bangunan bekas pabrik kudapan dan mengalihkan fungsinya menjadi gudang logistik penanganan bencana.

“Kami mengusulkan anggaran untuk merehabilitasi bangunan untuk gudang logistik bencana pada 2019 sebesar Rp400 juta, tetapi yang disetujui sekitar Rp200 juta,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mukomuko Syahrizal dalam keterangannya di Mukomuko, Kamis.

Baca juga: Mukomuko tetapkan 72 nelayan penerima sertifikat tanah gratis

Dengan alokasi dana sebesar itu, pemerintah daerah berencana memperbaiki atap dan plafon bangunan yang sudah rusak berat serta memasang teralis pada jendela-jendela bangunan.

“Kita butuh anggaran untuk merehab sebagian pintu dan jendela bangunan tersebut kita juga ingin memasang teralis di seluruh pintu dan jendela bangunan itu,” ujar Syahrizal.

Baca juga: Mukomuko lakukan "home care" obati orang dengan gangguan jiwa

Ia menjelaskan pula bahwa pemerintah kabupaten memutuskan mengalihfungsikan bangunan bekas pabrik kudapan itu menjadi gudang logistik bencana karena bangunan itu mudah diakses.

Bangunan itu juga dekat dengan rumah sakit umum daerah setempat dan markas kepolisian resor setempat dan berada di lokasi yang cocok untuk evakuasi warga saat bencana.

Baca juga: Mukomuko tunda bagikan tujuh rumah khusus nelayan
Baca juga: Mayoritas nelayan Mukomuko takut melaut

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019