Dinas Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu menyiagakan personel, peralatan dan mobil pemadam kebakaran untuk mengantisipasi kebakaran lahan gambut seluas sekitar satu hektare karena berdekatan dengan lokasi sekolah.

"Lokasi kebakaran lahan gambut berdekatan dengan SMK I dan lembaga pendidikan anak usia dini (PAUD) Al-Kautsar di Kelurahan Bandar Ratu, Kecamatan Kota Mukomuko agar tidak meluas," kata Kepala Dinas Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Mukomuko A. Halim dalam keterangannya di Mukomuko, Selasa.


Baca juga: Kejari Mukomuko: Auditor hitung kerugian korupsi dana desa

Personel pemadam kebakaran telah memadamkan kebakaran lahan gambut tersebut dan personel ini selesai memadamkan kebakaran sekitar pukul 11.00 WIB. Kini personel telah kembali ke kantor dan selalu mereka selalu siaga apabila kebakaran meluas, tambahnya.

Lahan gambut seluas satu hektare yang berada dekat SMK 1 dan PAUD Al-Kautsar Kelurahan Bandar Ratu, Kecamatan Kota Mukomuko dilaporkan terbakar namun belum diketahui penyebab kebakaran tersebut.

Ia menyatakan, sejumlah personel pemadam kebakaran pemerintah setempat sejak dari pagi hari melakukan pemadaman kebakaran sebagian lahan gambut yang ada di lokasi tersebut.

Baca juga: Kejari Mukomuko selidiki dugaan korupsi dana desa

Para personel pemadam kebakaran pemerintah setempat siaga di kantor Dinas Satpol PP dan Pemadam Kebakaran karena jarak dengan lokasi kebakaran lahan gambut tersebut tidak terlalu jauh.

“Jarak kantor dengan lokasi lahan yang terbakar tidak terlalu jauh sehingga personel dengan cepat menjangkau lokasi apabila kebakaran lahan gambut di lokasi tersebut sampai meluas,” ujarnya.

Namun, ia menyesalkan, sampai sekarang tidak adanya warga masyarakat di daerah ini sebagai pemilik lahan gambut tersebut yang datang ke lokasi lahan yang terbakar tersebut.

Ia menyatakan, setelah personel memadamkan kebakaran lahan gambut tersebut, selanjutnya personelnya menyerahkan kepada masyarakat sebagai pemilik lahan untuk menjaga jangan sampai lahannya terbakar dan kebakaran tersebut meluas ke lahan gambut lain.

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019