Foto bunga Amorphophallus gigas dan Rafflesia kemumu terpilih menjadi prangko nasional dalam rangka Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional 5 November 2019.

"Kita patut bangga karena dua bunga langka dari Bengkulu terpilih menjadi foto prangko nasional 2019," kata Koordinator Komunitas Peduli Puspa Langka (KPPL) Bengkulu, Sofian Ramadhan di Bengkulu, Kamis.

Kedua foto bunga tersebut dipotret oleh Sofian dan diusulkan menjadi prangko oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Foto bunga Amorphophallus gigas tetsebut diabadikan ketika mekar sempurna di taman konservasi milik Holidin bersaudara, warga Desa Tebat Monok Kabupaten Kepahiang pada 21 Maret 2013.

Sofian mengatakan Amorphophallus gigas adalah salah satu spesies amorphophallus raksasa, merupakan endemik asli Sumatera. Bunga ini bisa mencapai tinggi hingga lima meter dan umbi seberat 70 kilogram. 

Habitat bunga ini tumbuh di dataran rendah dan perbukitan serta hidup di ketinggian maksimal 900 meter di atas permukaan laut.

Sementara foto bunga Rafflesia kemumu diabadikan ketika mekar sempurna di kawasan hutan lindung Boven Lais Desa Tebing Kaning Argamakmur Kabupaten Bengkulu Utara pada tanggal 26 Mei 2018.

Rafflesia kemumu adalah jenis baru dari Bengkulu Utara di mana spesies ini mirip dengan Rafflesia gadutensis.

Rafflesia kemumu diteliti oleh Dosen Universitas Bengkulu Agus Susatya, Siti Nur Hidayati dan Septian Riki di kawasan Hutan Lindung Boven Lais Kemumu Kabupaten Bengkulu Utara pada 2017.

Pewarta: Helti Marini S

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019