Bengkulu (ANTARA Bengkulu) - Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika Provinsi Bengkulu menyiagakan kapal feri Pulo Tello dan perintis untuk melayani rute Kota Bengkulu-Pulau Enggano, Bengkulu Utara, dan sebaliknya menjelang Natal dan Tahun Baru.

"Tidak ada penambahan atau pengurangan kapal, dua kapal ini tetap melayani penumpang ke Enggano dari Kota Bengkulu dan sebaliknya," kata Sekretaris Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Provinsi Bengkulu Budi Djatmiko di Bengkulu, Selasa.

Ia mengatakan, sesuai surat edaran dari Kementerian Perhubungan, tentang persiapan armada baik darat, laut, dan udara menjelang Natal dan Tahun Baru.

Khusus untuk Pulau Enggano kata dia, dua kapal tersebut tetap beroperasi normal hingga Tahun Baru.

"Biasanya kapal akan melakukan perbaikan rutin atau docking, tapi untuk melayani penumpang akan tetap dioperasikan hingga Januari," katanya.

Perbaikan rutin kapal atau docking akan dilakukan setelah hari raya Natal dan Tahun Baru dimana arus mobilisasi warga baik dari Enggano menuju Kota Bengkulu sudah kembali normal.

Tentang penambahan rute pelayaran kata dia, hingga saat ini belum ada permintaan penambahan.

Untuk kapal feri Pulo Tello, sesuai jadwal berlayar dua kali dalam sepekan, sedangkan kapal perintis akan berlayar sekali dalam 10 hari.

"Selain untuk angkutan penumpang, dua kapal ini juga melayani distribusi sembako ke pulau terluar itu, terutama kapal perintis," tambahnya.

Kapal feri Pulo Tello juga melayani pengiriman bahan bakar minyak untuk kebutuhan masyarakat di pulau tersebut.

Jika kapal mengangkut bahan bakar minyak kata dia, dalam pelayaran tersebut tidak akan membawa penumpang.

Pulau Enggano yang berjarak 106 mil laut dari Kota Bengkulu dihuni lebih dari 2.500 jiwa warga yang bermukim di enam desa yakni Kahyapu, Kaana, Malakoni, Apoho, Meok dan Banjarsari. (ANTARA)

Pewarta:

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012