Forum Komunikasi Kader Konservasi Indonesia (FK3I) Koordinator Wilayah Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu melakukan penanaman ratusan pohon di sepadan Daerah Aliran Sungai (DAS) Musi yang berada di daerah itu.

Ketua FK3I Korwil Kabupaten Rejang Lebong, Tedy Riski usai kegiatan penanaman, Kamis, mengatakan aksi penanaman pohon di sepadan DAS Musi yang berada di Desa Lubuk Kembang, Kecamatan Curup Utara tersebut dilakukan dalam rangka memperingati hari pohon sedunia yang jatuh pada hari itu.

"Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati hari pohon sedunia yang diperingati setiap tanggal 21 November. Kegiatan ini dilaksanakan FK3I Korwil Rejang Lebong bersama teman-teman dari beberapa komunitas di Rejang Lebong," ujar dia.

Kegiatan penanaman pohon itu sendiri kata dia, mereka lakukan secara swadaya dan didukung oleh berbagai pihak seperti Balai Besar TNKS PTN Wilayah III Bengkulu Sumsel, BKSDA Seksi Konservasi Wilayah I, BPBD Rejang Lebong, PMI Rejang Lebong, Destana Lubuk Kembang, Kelompok Pecinta Alam, Siswa Pecinta Alam hingga masyarakat sekitar lokasi kegiatan.

Adapun pohon yang mereka tanam di sepadan DAS Musi ini berasal dari berbagai jenis kayu seperti kayu gaharu, mahoni, kayu bawang, kayu jabai, hingga tanaman buah durian.

"Jumlah pohon yang kami tanam tadi sekitar 300 batang, di mana pohon yang kami tanam ini berasal dari berbagai jenis kayu. Pohon ini kami tanam sepanjang 1 KM di sepadan DAS Musi Lubuk Kembang," ungkapnya.

Mereka memilih DAS Musi Desa Lubuk Kembang sebagai sasaran kegiatan kata Tedy Riski, sebagai upaya merehabilitasi kawasan DAS tersebut yang mengalami kerusakan setelah diterjang banjir besar pada April 2019 lalu.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019