Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu saat ini tengah melakukan perekrutan Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Pilkada serentak di wilayah itu.

Ketua Bawaslu Rejang Lebong, Dodi Hendra Supiarso di Rejang Lebong, Kamis, mengatakan proses pendaftaran seleksi Panwascam 15 kecamatan tersebut dilaksanakan mulai 27 November hingga 3 Desember yang nantinya akan memilih 45 orang atau tiga orang setiap kecamatan.

"Saat ini sedang dilakukan proses perekrutan 45 orang Panwascam Pilkada Rejang Lebong tahun 2020, proses pendaftarannya dimulai dari tanggal 27 November sampai dengan 3 Desember 2019 nanti," kata dia.

Pada proses perekrutan Panwascam tersebut tambah dia, mekanismenya terjadi beberapa perubahan pertama peserta yang mendaftar itu diminta untuk mengisi google form yang isinya terkait dengan survei dari Bawaslu RI tentang tingkat kepuasan proses pendaftaran, di mana google form ini akan diisi saat pelaksanaan tes tertulis dan wawancara.

Sedangkan yang kedua tes tertulis akan dilaksanakan 13-17 Desember nanti seluruh peserta akan mengikuti secara "online", kemudian tidak ada pengguguran seperti pada proses Pemilu sebelumnya. Peserta yang lulus administrasi semuanya akan mengikuti tes tertulis dan wawancara, setelah itu mereka akan ditentukan oleh Bawaslu kabupaten/kota untuk menjadi Panwascam.

Sejauh ini teknis pelaksanaan tes tertulis secara online itu sendiri masih mereka mintakan ke pusat sesuai dengan tahapannya, karena dari awal mereka belum dibekali.

"Rencananya pada 8 Desember nanti baru akan dilakukan pelatihan khusus terkait operator tentang bagaimana mekanisme tes online, namun yang pasti ini semuanya nanti akan terhubung ke Bawaslu RI," tambah dia.

Untuk menyiapkan pelaksanaan tes secara online ini pihaknya telah berkoordinasi dengan IAIN Curup yang saat ini memiliki fasilitas laboratorium komputer sebanyak 40 unit yang terbagi dalam dua kelas, dan jika pesertanya banyak maka akan dilakukan penambahan komputer serta pembagian peserta menjadi beberapa rombongan.

Kalangan masyarakat yang berminat mengikuti seleksi Panwascam Pilkada serentak 2020 ini bisa datang langsung ke Kantor Bawaslu Rejang Lebong yang berada di Kelurahan Dwi Tunggal Curup, sehingga nantinya peserta ini nantinya bisa mengisi formasi Panwascam 15 kecamatan.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019