Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu menargetkan partisipasi pemilih dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020 mendatang sebesar 80,1 persen.

Koordinator Divisi Sosialisasi dan Partisipasi Masyarakat KPU Rejang Lebong, Ujang Maman saat dihubungi di Rejang Lebong, Minggu, mengatakan target partisipasi masyarakat daerah itu dalam Pilkada tahun depan tidaklah berlebihan mengingat pada pelaksanaan Pemilu serentak 2019 angka partisipasi masyarakat setempat mencapai 80,91 persen dari target semula sebesar 78 persen dari jumlah DPT sebenyak 200.334 pemilih.

"Target partisipasi masyarakat pada Pilkada serentak tahun 2020 sebesar 80,1 persen, ini setelah melihat capaian pada Pemilu 2019 lalu," jelas dia.

Untuk mencapai target ini pihaknya, tambah dia, akan melakukan berbagai kegiatan sosialisasi dalam 15 kecamatan di Rejang Lebong dengan melibatkan berbagai kalangan seperti kalangan milenial dan elemen lainnya.

"Kita akan melakukan berbagai metode baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan, misalnya sekelompok masyarakat atau sekolah yang kita anggap perlu diberikan informasi kepemiluan akan kita berikan sosialisasi dengan mendatangi sekolah itu," urainya.

Sedangkan upaya lainnya ialah dengan mengaktifkan peran dan fungsi Rumah Pintar Pemilu (RPP), yang di dalamnya berisikan dokumen-dokumen Pemilu yang dilaksanakan dari tahun pertama pelaksanaannya sampai kepada pelaksanaan Pemilu saat ini termasuk juga pelaksanaan pilkada gubernur dan wakil gubernur serta bupati dan wakil bupati maupun pemilihan wali kota dan wakil wali kota.

"RPP ini selain sebagai wadah informasi Pemilu, juga sebagai wadah edukasi masyarakat terkait pergelaran Pemilu di Indonesia, dengan harapan nantinya bisa meningkatkan angka partisipasi masyarakat terutama di kalangan pemilih pemula," tambah dia lagi.

Sementara itu, rencana kegiatan lainnya yang akan dilaksanakan KPU Rejang Lebong sesuai dengan tahapannya, penerimaan berkas syarat dukungan calon perseorangan pada 11 Desember nanti, kemudian launching Pilkada Rejang Lebong yang akan dilaksanakan 18 Desember mendatang dan sekaligus menjadi ajang sosialisasi Pilkada serentak 2020.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019