Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, pada 2020 berencana menggelar pasar kuliner serba ikan untuk menumbuhkan usaha kuliner ikan sekaligus meningkatkan minat masyarakat setempat dalam mengonsumsi ikan.

“Salah satu bentuk kegiatan dinas ini, yakni pasar kuliner serba ikan. Kami akan mengundang masyarakat pedagang dan menyediakan lokasi untuk menjual kuliner serba ikan,” kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Mukomuko Edi Aprianto dalam keterangannya di Mukomuko, Senin.

Pemerintah setempat melalui Dinas Kelautan dan Perikanan pada 2020 mengalokasikan dana untuk menggelar pasar kuliner serba ikan sebanyak tiga kali di berbagai lokasi di daerah ini.

Ia menyatakan, instansinya mendapatkan alokasi dana untuk membangun tempat yang dibutuhkan oleh masyarakat pedagang untuk menjual berbagai kuliner serba ikan dari daerah ini.

Instansi ini menggelar pasar kuliner serba ikan dan menyediakan tempat khusus bagi masyarakat pedagang di daerah ini yang ingin menjual berbagai makanan maupun minuman dari ikan.

Sedangkan pelaksanaan pasar kuliner serba ikan di daerah ini, ia mengatakan, instansinya akan berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait dan kemungkinan pelaksanaannya bertepatan dengan peringatan hari besar nasional.

Ia menyatakan, instansinya menggelar pasar kuliner serba ikan di daerah ini belajar dari berbagai daerah dan Kementrian Kelautan dan Perikanan RI yang mengelar pasar kuliner serba ikan.

Ia menilai, pasar kuliner serba ikan ini cukup efektif untuk mempromosikan makanan maupun minuman serba ikan dari daerah ini karena selain menumbuhkan usaha kuliner ikan dan meningkatkan minat masyarakat untuk gemar mengkonsumsi ikan.

Apalagi daerah yang berada sejauh 275 kilometer sebelah utara Kota Bengkulu atau berada di perbatasan Provinsi Bengkulu dengan Sumatera Barat ini berada di pesisir pantai sehingga banyak ikan di daerah ini.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019