Bengkulu (ANTARA Bengkulu) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Bengkulu memprakirakan gelombang laut di perairan Bengkulu berpeluang setinggi tiga meter, tetapi saat ini tingginya 2,5 meter.

"Prakiraan gelombang laut setinggi tiga meter itu, berdasarkan peringatan dini BMKG dalam 12 jam ke depan," kata analis BMKG Stasiun Meteorologi Fatmawati Soekarno Bengkulu Suparwi, Selasa. Ia menjelaskan prakiraan gelombang laut tiga meter itu juga berpeluang terjadi di perairan Enggano, Barat Bengkulu hingga perairan Selatan Banten. Angin di perairan Bengkulu bertiup dari arah barat hingga timur laut dengan kecepatan 05-20 knots, di wilayah itu berpeluang hujan sedang.

Selanjutnya angin di perairan Enggano bertiup dari arah barat hingga utara, dengan kecepatan 08-20 knots, dan di wilayah itu berpeluang hujan sedang. Sedangkan angin di perairan barat Bengkulu berpeluang berhembus dari barat hingga utara dengan kecepatan 08-20 knots, dan di wilayah itu berpeluang terjadi hujan lebat.

Dari citra satelit cuaca terlihat daerah liputan awan dan hujan berada di sebagian wilayah Aceh, sebagian wilayah Sumatera Barat, wilayah Mentawai, sebagian wilayah Bengkulu, sebagian wilayah Sumatera Selatan hingga Lampung. Angin di wilayah Bengkulu pada umumnya bertiup dari arah Barat hingga timur laut dengan kecepatan 08-36 km per jam, atau 05-20 knots.

Prakiraan cuaca di wilayah Bengkulu pada umumnya hujan ringan hingga sedang, terutama di wilayah Mukomuko, BNengkulu Tengah dan Kota Bengkulu, suhu udara 23-31 derajat Celcius, dan kelembaban 65-98 persen. Sedangkan di Kabupaten Bengkulu Selatan dan Kabupaten Kaur, menurut dia berpeluang huja sedang, dengan suhu udara berkisar 23-30 derajat Celcius, dan kelembaban 68-100 persen.(Z005)

Pewarta:

Editor : Rangga Pandu Asmara Jingga


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012