Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu mengusulkan pemberian bonus atau reward kepada dua desa di daerah itu yang berhasil meraih penghargaan tingkat nasional.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala DPMD Rejang Lebong, Achmed Chalid di Rejang Lebong, Selasa, mengatakan dua desa berprestasi tersebut ialah Desa Purwodadi, Kecamatan Bermani Ulu dan Desa Sumber Urip, Kecamatan Selupu Rejang yang meraih juara nasional program inovasi desa 2019.

"Kedua desa yang meraih penghargaan nasional tersebut akan kita usulkan mendapat program umrah gratis dari Pemkab Rejang Lebong tahun 2020 mendatang," ujar dia.

Pengajuan usulan untuk kedua desa itu tambah dia, sebagai bentuk apresiasi mereka namun keputusan apakah kedua desa atau kepala desanya akan mendapat program itu atau tidak keputusannya ada di pemkab setempat.

Sejauh ini setelah melihat program umrah gratis yang diberikan Pemkab Rejang Lebong setiap tahunnya diberikan kepada masyarakat berprestasi dan perangkat agama, dirinya berkeyakinan dua desa itu bisa mendapatkannya karena prestasi yang direbut adalah tingkat nasional.

"Prestasi kedua desa ini dalam meraih penghargaan nasional diharapkan bisa memotivasi desa-desa lainnya untuk berinovasi dan bisa meraih penghargaan nasional, kedua desa itu telah membuktikan bahwa kita di Rejang Lebong bisa meraih penghargaan nasional," tambah dia lagi.

Sebelumnya, dalam lomba inovasi desa 2019 yang dilaksanakan Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) dua desa di Rejang Lebong yakni Desa Purwodadi berhasil merebut terbaik II nasional kategori embung inovatif, dan Desa Sumber Urip meraih penghargaan terbaik III nasional kategori BUMDes inovatif program inovasi desa tahun 2019.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019