Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, melalui Dinas Pertanian setempat membuka empat titik jalan baru untuk memudahkan petani mengeluarkan hasil panen padi dari sawahnya.

“Pembangunan jalan usaha tani di daerah ini seluruhnya berupa pembukaan jalan baru di empat titik yakni Desa Lubuk Talang, Desa Aur Cina, Desa Lubuk Sanai II dan Desa Talang Baru,” kata Kabid Tanaman Pangan dan Holtikultura Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Wahyu Hidayat dalam keterangannya di Mukomuko, Rabu.

Pemerintah setempat melalui Dinas Pertanian tahun ini mendapatkan alokasi dana dari APBD perubahan untuk pembangunan empat ruas jalan usaha tani berupa pembukaan jalan baru.

Ia menyebutkan, alokasi dana yang bersumber dari APBD perubahan 2019 untuk kegiatan pembangunan fisik pembukaan jalan baru ini yang tersebar di empat titik di daerah ini bervariasi.

Pagu dana pembangunan jalan usaha tani di Desa Aur Cina sebesar Rp175 juta, pembangunan jalan usaha tani di Desa Lubuk Talang Rp162 juta, dan pembangunan jalan di Desa Lubuk Sanai dan Talang Baru masing-masing sebesar Rp160 juta.

Ia mengatakan, dengan pagu dana mulai dari sebesar Rp160 juta hingga Rp175 juta itu untuk membangun empat jalan baru dengan panjang masing-masing sekitar 1,2 kilometer.

Sedangkan waktu pelaksanaan pekerjaan pembangunan empat jalan baru di daerah ini sangat singkat yakni selama satu bulan mulai dari tanggal 28 November hingga 27 Desember 2019.

Karena pembangunan jalan usaha tani tersebut berupa pembangunan jalan baru sehingga pekerjaan pembangunan jalan baru tersebut lebih banyak menggunakan alat berat.

Ia yakin, pihak pelaksana atau kontraktor pengadaan barang dan jasa pemerintah dapat menyelesaikan pekerjaan pembangunan sebanyak empat ruas jalan usaha tani di daerah ini tepat waktu.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019