Dinas Sosial Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu akan memberdayakan Karang Taruna di daerah itu sehingga bisa berperan dalam mengisi pembangunan.

Kepala Dinas Sosial Rejang Lebong, Zulfan Efendi saat menggelar sosialisasi kepemudaan di Aula BLKM Kecamatan Curup Timur, Kamis, mengatakan akan memberdayakan Karang Taruna di Kabupaten Rejang Lebong yang baru dibentuk beberapa bulan lalu itu dalam berbagai bidang kegiatan seperti olahraga, keagamaan, sosial budaya, pertanian dan lainnya.

"Peran Karang Taruna di Kabupaten Rejang Lebong ditengah masyarakat belum maksimal, oleh karena itu dengan kegiatan ini kita berharap kedepan mereka bisa berperan secara maksimal," jelas dia.

Keberadaan Karang Taruna yang menjadi wadah generasi muda di Kabupaten Rejang Lebong kata dia, memiliki peranan yang sangat penting jika mereka ambil bagian dalam proses pembangunan terutama di desa dan kelurahan tempat tinggal mereka.

"Kalau selama ini keberadaannya hanya ada nama saja dan peranan mereka tidak jelas di desa atau kelurahan itu apa. Makanya setelah kita bentuk tahun ini kepengurusannya di kabupaten, harapan kita nanti mereka bisa ikut berkontribusi secara nyata," urainya.

Peran dari Karang Taruna sebagai organisasi kata dia, memiliki cakupan yang luas berbeda dengan organisais kepemudaan lain yang ada di desa dan kelurahan seperti Risma yang hanya fokus pada kegiatan keagamaan saja, sedangkan Karang Taruna bisa disegala bidang mulai dari agama, olahraga, sosial budaya dan lainnya.

"Pentingnya peran Karang Taruna ini maka kita ingin berdayakan dengan lebih maksimal lagi termasuk dalam pengelolaan dana desa, karang taruna nanti bisa berperan dalam memajukan BUMDes," tambah dia lagi.

Sementara itu, dalam acara sosialisasi kepemudaan yang mereka gelar itu selain menghadirkan pemateri dari Dinsos Rejang Lebong, juga ketua Karang Taruna Kabupaten Rejang Lebong juga dari Dispora Rejang Lebong.

Dia berharap, kegiatan yang mereka gelar itu nantinya memberikan solusi dari permasalahan tidak aktifnya Karang Taruna yang ada di wilayah itu sehingga kedepan dapat memberikan andil dalam memajukan daerah.
 

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019