Kapolda Bengkulu Inspektur Jenderal Polisi (Irjen Pol) Supratman memerintahkan agar seluruh jajaran kepolisian di Bengkulu memberikan pengamanan ekstra untuk mengawal pelaksanaan perayaan natal dan tahun baru 2020.

Hal ini disampaikannya saat memimpin rapat koordinasi lintas sektoral Operasi Lilin Nala 2019 pengamanan natal dan tahun baru di Aula Adem, Mapolda Bengkulu, Selasa pagi (17/12).

Selain itu, Kapolda Bengkulu juga mengajak seluruh instansi agar menyiapkan segala hal yang berkaitan dengan tugas pengamanan perayaan natal 2019 dan tahun baru 2020 sehingga tercipta situasi keamanan dan ketertiban masyarakat di Provinsi Bengkulu tetap kondusif.

Kata Supratman, salah satu hal yang harus mendapat perhatian serius adalah pengamanan di jalur yang rawan terjadi bencana alam, misalnya seperti di jalan lintas Bengkulu-Curup, persisnya di areal jalan pegunungan Kecamatan Taba Penanjung, Kabupaten Bengkulu Tengah.

Kapolda Bengkulu meminta instansi terkait menyiagakan alat berat diseluruh jalur yang rawan terjadi bencana alam ini. Sebab bencana alam seperti longsor bisa terjadi kapan saja, terlebih saat ini sudah memasuki musim penghujan.

"Mengingat sekarang musim penghujan kami berharap instansi terkait agar siap mengantisipasi kemungkinan yang terjadi dengan cepat jika terjadinya bencana. Untuk operator alat berat kami harap sudah siap semua dan tidak menunggu jika terjadi bencana. Kita berdoa masyarakat aman dan nyaman," kata Irjen Pol Supratman dalam keterangan tertulisnya yang diterima, Selasa.

Irnjen Pol Supratman juga meminta jajaran kepolisian di Bengkulu mengawal rumah peribadatan saat pelaksanaan natal nanti. Fokus pengawalan juga akan dilakukan dibeberapa objek pariwisata, pusat perbelanjaan dan objek vital lainnya.

Anggota kepolisian di jajaran Polda Bengkulu juga diminta untuk melakukan pengamanan dan antisipasi adanya konvoi kendaraan, balap liar dan peredaran narkotika.

"Tolong di lihat dan di jaga betul. Kita lebih baik mencegah kejahatan dari pada kita mengobati. TNI-Polri siap mengamankan natal dan tahun baru agar masyarakat aman dan nyaman," tegas Kapolda Bengkulu.

Sementara itu, Asisten III Setda Provinsi Bengkulu Gotri Suyanto yang hadir mewakili Gubernur Bengkulu dalam rapat koordinasi ini menyampaikan agar setiap pemangku kebijakan tetap bersinergi untuk menjaga tempat kerumunan masa guna mengantisipasi hal–hal yang tidak di ingingkan.

Gotri juga memastikan Dinas Perhubungan Provinsi Bengkulu akan menurunkan anggotanya untuk membantu pengawalan lalu lintas di jalur yang ramai pada saat natal dan tahun baru nanti. Gotri juga berharap pihak Pertamina memastikan pendistribusian BBM tetap lancar dan tidak terjadi kekosongan.

Dari rapat koordinasi lintas sektoral Operasi Lilin Nala 2019 ini diketahui ada sekitar 2,500 orang personil gabungan TNI dan Polri akan diterjunkan untuk melakukan pengamanan natal dan tahun baru.

Pewarta: Carminanda

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019