Los Angeles (ANTARA Bengkulu) - Video musik dari lagu "Gangnam Style" yang dinyanyikan penyanyi rap asal Korea Selatan, Psy, menjadi video pertama yang dilihat sebanyak satu miliar kali di laman jejaring video YouTube.

Lagu yang pertama kali diunggah ke  YouTube pada 15 Juli lalu, mencapai rekor satu miliar kali dilihat pada Jumat pukul 15.50 GMT (22.50 WIB) dan YouTube langsung memperingati peristiwa bersejarah itu dengan ikon Psy yang berjoged di sebelah logonya.

Sebelumnya pada bulan lalu, lagu itu telah menjadi video yang terbanyak yang dilihat di Youtube, mengalahkan video "Baby" Justin Bieber yang sebelumnya memegang rekor tersebut.

"Bahkan saya tidak pernah membayangkan 'Gangnam Style' akan dilihat satu juta kali, tetapi sekarang satu miliar kali! Apakah ini benar-benar pertunjukkan ala-PSY?" kata penyanyi rap itu dalam sebuah pernyataan.

Tahun ini merupakan masa keemasan bagi Psy (34), yang menjadi artis pop Korea (K-pop) pertama yang berhasil meraih sukses di AS setelah "Gangnam Style" menarik perhatian banyak pihak. Lagu hit itu sendiri diambil dari sebuah distrik di Seoul.

Penyanyi rap itu baru saja tampil di depan Presiden AS, Barack Obama, bertemu dengan Sekretaris Jendral PBB Ban Ki-moon dan meraih penghargaan video terbaik dalam ajang MTV Europe Music Award pada November lalu.

Video yang menampilkan Psy berjoged dengan gaya menunggangi kuda itu telah menjadi tren budaya pop, yang menimbulkan banyak video parodi serta tiruan lainnya.

Popularitas lagu itu juga berhasil menumbuhkan ketertarikan global terhadap musik pop Asia, khususnya industri K-pop, yang kini berambisi untuk mengikuti jejak sukses Psy menuju arena pentas musik pop Barat. (ANTARA)

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012