Arus penumpang kendaraan bus kota antar provinsi yang masuk ke Terminal Tipe A Simpang Nangka, Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu selama musim liburan Natal dan tahun baru mengalami peningkatan dibandingkan hari biasanya.

Koordinator Satuan Pelayanan Terminal Tipe A Simpang Nangka, Edi Azhari di Rejang Lebong, Senin mengatakan selama musim liburan Natal dan tahun baru ini terjadi peningkatan jumlah penumpang dan kendaraan yang keluar masuk terminal daerah itu hingga 17 persen.

"Dari catatan kita terjadi peningkatan jumlah kendaraan dan penumpang mencapai 17 persen dibandingkan hari biasanya, di mana pada hari biasanya kendaraan yang keluar masuk 15 bus menjadi 17 sampai 20 bus," ujar dia.

Peningkatan jumlah penumpang di Terminal Tipe A Simpang Nangka ini tambah dia, terjadi karena bersamaan antara liburan Natal dan tahun baru dengan musim anak libur sekolah terhitung 21 Desember lalu, dan diperkirakan akan sampai mendekati masuk sekolah nanti yakni 5 Januari 2020.

Kalangan penumpang yang menggunakan transportasi darat itu umumnya menuju ke sejumlah kota di Sumatera seperti Padang Sumbar dan Medan Sumut sedangkan untuk kota-kota di Jawa kebanyakan tujuan ke Solo Jateng serta beberapa kota lainnya.

Kendati terjadi peningkatan jumlah armada dan arus penumpang yang keluar masuk ke terminal setempat namun kata dia, untuk harga tiket bus tidak mengalami kenaikan seperti yang terjadi saat mendekati hari raya Idul Fitri.

Sementara itu, untuk memastikan bahwa kendaraan yang masuk ke Terminal Simpang Nangka selama libur Natal dan tahun baru ini laik jalan petugas Satlantas Polres Rejang Lebong bersama dengan Satuan narkoba dan petugas terminal Simpang Nangka serta petugas Dishub Rejang Lebong melakukan pengecekan kondisi bus dan pemeriksaan urine sopir maupun kondektur.

"Dari pemeriksaan yang kita lakukan, semua bus yang diperiksa laik jalan serta sesuai dengan SOP yang berlaku. Selain itu para pengemudi maupun kondekturnya juga bebas dari pemakaian narkoba," ujar Kasat Lantas Polres Rejang Lebong, AKP Bimo Wira Baskara.

Pemeriksaan bus yang masuk ke terminal ini kata dia, dilakukan untuk mencegah terjadinya kecelakaan seperti yang dialami oleh Bus Sriwijaya jurusan Bengkulu - Palembang di wilayah Kota Pagar, Sumsel beberapa hari lalu.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019