Mataram (ANTARA Bengkulu) - Menjelang perayaan tahun baru 2013 seluruh kamar hotel di objek wisata Gili (pulau kecil) Trawangan, Kabupaten Lombok, Utara, Provinsi Nusa Tenggara Barat penuh dipesan  para wisatawan yang akan merayakan tahun baru.

Kepala Dinas Perhubungan Pariwisata Komunikasi dan Informasi Kabupaten Lombok Utara Sinar Wugiarno di Tanjung, Kamis, mengatakan, semua kamar hotel di Gili Trawangan sudah "full booked" atau penuh dipesan sejak 20 Desember 2012.

"Tingkat hunian kamar hotel di luar Gili Trawangan mencapai 90 hingga 95 persen dan dipekirakan akan penuh pada saat menjelang perayaan tahun baru 2013," katanya.

Ia mengatakan, sejumlah hotel di Gili Trawangan, Meno dan Gili Air menggelar berbagai acara untuk memeriahkan acara pergantian tahun 2012 ke 2013 itu termasuk dengan mementaskan kesenian tradisional khas Lombok.

Pemerintah Kabupaten Lombok Utara juga menggelar  promosi destinasi wisata tahunan, "Gili Begawe" atau "Gili Fiesta" di kawasan wisata Tiga Gili, Trawangan, Meno dan Gili Air. Pada tahun ini acara tersebut  dipusatkan di Gili Trawangan, setelah apda tahun-tahun sebelum digelar di Gili Meno dan Gili Air.

Seperti tahun lalu agenda akhir tahun itu di isi dengan berbagai kegiatan diantaranya, Lomba Marathon (10 K), Voly Pantai, Lomba Perahu Hias dan pertunjukan kesenian khas dan kegiatan penghijauan di sepanjang pesir pantai melibatkan masyarakat setempat, para pelaku wisata dan turis asing.

Kegiatan Gili Begawe itu dihajatkan menjadi media promosi sekaligus memperkenal objek wisata Tiga Gili sebagai destinasi wisata unggulan dengan keindahan panorama alam bawah laut dan pesona kearifan lokal yang tetap lestari.

Sinar menandaskan, Gili Begawe juga ditujukan untuk berbagai kegembiraan sekaligus memeriahkan momentum pergantian tahun bersama masyarakat dan wisatawan yang pada acara pergantian tahun itu dipdati wisatawan.

Acara itu merupakan upaya pencitraan positif tentang Tiga Gili yang tidak hanya memiliki keindahan alam, namun juga ada kebersamaan dengan masyarakat dan pemerintah.

Angka kunjungan wisatawan ke Gili Trawangan pada 2012 mencap0ai 400.000 orang baikk wisatawan mancanegara mau[un nusantara. Para wisatawan itu datang menggunakan kapal cepat dari Bali dan melalui Pelabuan Bangsak dan Teluk Nara di Kecamatan Pemenang. (ANT)  

Pewarta:

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012