Simalungun, Sumut (ANTARA Bengkulu) - Pemukulan gondang atau gendang oleh Pelaksana Tugas Gubernur Sumatera Utara Gatot Pujo Nugroho di Pantai Bebas Parapat, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatra Utara menandai pembukaan Pesta Danau Toba 2012, Jumat.

Pemukulan gondang atau gendang khas Tapanuli tersebut dilakukan Gatot Pujo Nugroho bersama beberapa pejabat Muspida Sumatera Utara (Sumut) lain dan turut disaksikan ribuan warga, termasuk sejumlah wisatawan.

Selanjutnya, Pelaksana tugas Gubernur Sumut juga melepas peserta parade kapal hias yang diikuti puluhan peserta .

Gatot berharap penyelenggaraan Pesta Danau Toba (PDT) yang tahun ini dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Simalungun dapat lebih baik dibanding tahun-tahun sebelumnya.  

"Pesta Danau Toba harus mampu menghidupkan kembali Danau Toba menjadi ikon pariwisata Sumatera Utara, setelah sempat terpuruk akibat krisis global," kata Gatot.

Ia menilai, PDT memiliki potensi untuk menjadi salah satu event pariwisata berskala nasional jika dikemas dan dipromosikan secara baik dan berkesinambungan.

Para wisatawan yang menyaksikan momentum PDT selain dapat menyaksikan keindahan panorama danau terbesar di Asia itu, juga dapat melihat langsung keunikan atraksi seni dan budaya masyarakat dari berbagai kabupaten dan kota di Sumut.

Melalui penyelenggaraan PDT yang semakin baik, pihaknya menyatakan optimistis Danau Toba dan sejumlah daerah tujuan wisata lain di Sumut ke depan akan semakin banyak dikunjungi wisatawan, baik domestik maupun manca negara.

PDT setiap tahun akan digelar secara bergantian oleh masing-masing kabupaten yang wilayahnya berada di kawasan Danau Toba.

Jadwal kegiatan pariwisata tahunan terbesar di Sumut itu direncanakan antara bulan Juni dan Juli.

"Mulai tahun 2012 dan selanjutnya, pusat pelaksanaan PDT akan digilir di tujuh kabupaten di kawasan Danau Toba," ujarnya.

Untuk tahun 2013, Kabupaten Samosir ditetapkan oleh Pemerintah Provinsi Sumut menjadi tuan rumah.

Sementara itu, ketua panitia PDT 2012 Jan Wanner Saragih mengatakan, pihaknya telah mengagendakan sejumlah atraksi seni budaya, olah raga dan pameran untuk menyukseskan kegiatan pariwisata tahunan itu.

Disebutkannya, PDT 2012 yang akan berlangsung hingga 31 Desember diikuti tujuh kabupaten se-kawasan Danau Toba, yakni Simalungun, Toba Samosir, Samosir, Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan, Dairi, dan Karo.

Selain itu, beberapa kabupaten lain juga ikut menyemarakkan PDT dengan mengirim tim kesenian, di antaranya dari Kabupaten Labuhan Batu Utara, Labuhan Batu Selatan, Labuhan Batu, Padang Lawas, dan Kota Sibolga. (ANTARA)

Pewarta:

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012