Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dijadwalkan melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Bengkulu pada Februari mendatang, kunjungan ini untuk menghadiri peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Fatmawati Soekarno dan beberapa agenda lainnya.

Gubernur Bengkulu Rohidin Merysah mengatakan, kehadiran Presiden Jokowi di bumi rafflesia ini juga sekaligus meresmikan monumen patung Fatmawati Soekarno yang pembuatannya dibiayai oleh konsorsium perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan akan diresmikan di jantung Kota Bengkulu yakni di Simpang Lima Ratu Samban.

Kata Rohidin, Pemerintah Provinsi Bengkulu telah menyiapkan segala sesuatu terkait dengan peresmian monumen ini, termasuk berkoordinasi dengan pihak keluarga Fatmawai Soekarno dan Yayasan Fatmawati.

"Kita sudah rapat koordinasi tim bersama antara teman-teman dari Jakarta terutama dari Yayasan Fatmawati kemudian bersama kita jajaran Pemprov Bengkulu. Mudah-mudahan tidak ada perubahan hari ulang tahun ibu Fatmawati pada 5 Februari di Bengkulu nanti bisa dihadiri bapak Presiden Jokowi," kata Gubernur Bengkulu, Jumat (17/1).

Selain akan menghadiri peringatan HUT dan peresmian monumen patung Fatmawati Soekarno, Presiden Jokowi juga diagendakan akan meninjau persiapan pelaksanaan operasional Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) batubara Bengkulu berkekuatan 2x100 mega watt yang dibangun di Kelurahan Teluk Sepang, Kota Bengkulu.

Selain itu, Presiden Jokowi juga rencananya akan melakukan groundbreaking atau peletakan batu pertama tanda dimulainya pengerjaan jalan tol yang menghubungkan Provinsi Bengkulu dan Provinsi Sumatera Selatan. Presiden Jokowi juga diminta untuk meresmikan peralihan status Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) Bengkulu. 

Ditambahkan Rohidin, ia telah menyampaikan langsung permohonan ke hadiran Presiden Jokowi ke Bengkulu untuk melakukan rangkaian kegiatan tersebut ke Sekretaris Kabinet, Pramono Anung.

"Agenda ini sudah kita masukan ke Sekretaris Kabinet, sekarang informasinya sudah disampaikan ke bapak Presiden Jokowi. Selanjutnya ini kita akan merampungkan persiapan dilapangan. 

Rencananya, kehadiran Presiden Jokowi ke Provinsi Bengkulu ini akan didampingi oleh Ibu Negara Iriana Jokowi, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Puan Maharani yang juga cucu dari Fatmawati Soekarno dan Presiden RI ke-5 Megawati Soekaro Putri yang merupakan anak ke-2 pasangan Soekarno dan Fatmawati.

Ibu Negara Iriana Jokowi juga akan melakukan penjahitan bendera merah putih secara simbolis di kediaman Fatmawati Soekarno di Kelurahan Penurunan, Kota Bengkulu. Kegiatan ini sekaligus memperingati haul Fatmawati Soekarno.

Pewarta: Carminanda

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020