Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu menyebutkan minat warga di daerah itu untuk menjadi peserta Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 2020 cukup tinggi.

Kepala Bidang Kelembagaan Masyarakat, Sosial Budaya dan Pemerintahan Desa DPMD Rejang Lebong Bobby Harpa Santana di Rejang Lebong, Jumat, mengatakan tingginya minat warga daerah itu yang akan menjadi peserta Pilkades dalam 56 desa di daerah itu terlihat dengan adanya desa yang kelebihan pendaftar sehingga harus dilakukan seleksi tertulis.

"Dari 56 desa yang akan menggelar Pilkades ini terdapat lima desa yang jumlah pendaftarnya melebihi batas maksimal yakni lima orang, untuk itu pendaftar di lima desa ini akan dilakukan seleksi tertulis guna mencari lima pendaftar," ujar dia.

Desa yang kelebihan pendaftar calon kepala desa tersebut tambah dia, antara lain Desa Air Kati, Kecamatan Padang Ulak Tanding dengan jumlah pendaftar sebanyak tujuh orang, kemudian Desa Tanjung Sanai I, Kecamatan Padang Ulak Tanding sebanyak enam orang pendaftar.

Selanjutnya pendaftar Pilkades di Desa Air Merah, Kecamatan Curup Tengah sebanyak enam orang, seterusnya Pilkades Desa Dusun Sawah, Kecamatan Curup Utara sebanyak enam orang dan Pilkades Desa Kota Padang Baru, Kecamatan Kota Padang sebanyak enam orang.

Pelaksanaan tes tertulis lima desa tersebut kata dia, akan dilaksanakan di Mapolres Rejang Lebong, Sabtu (18/1), di mana hasil tes ini akan langsung diumumkan pada hari itu juga siapa saja yang lulus menjadi calon peserta Pilkades yang akan digelar 20 Februari mendatang.

"Untuk 51 desa lainnya yang akan melaksanakan Pilkades serentak tahap ketiga jumlah pendaftarnya sudah memenuhi syarat yakni minimal dua orang dan maksimal lima orang. Tidak ada calon tunggal dalam Pilkades tahun 2020 ini," jelas dia.

Adapun 56 desa yang akan menggelar Pilkades serentak 2020 nantinya antara lain dalam Kecamatan Curup Utara empat desa, tiga desa di Curup Timur. Curup Selatan empat desa, satu desa di Curup Tengah.

Selanjutnya dalam Kecamatan Sindang Kelingi empat desa, Sindang Dataran satu desa. Kota Padang lima desa, Kecamatan Sindang Beliti Ilir ada lima desa. Selanjutnya Kecamatan Bermani Ulu terdapat delapan desa, empat desa dalam Kecamatan Bermani Ulu Raya.

Kemudian empat desa di Kecamatan Padang Ulak Tanding, Kecamatan Binduriang tiga desa, Sindang Beliti Ulu lima desa serta lima desa di Kecamatan Selupu Rejang.***2***

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020