Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu menyatakan jumlah pelamar calon Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk pilkada serentak di daerah tersebut hingga saat ini mencapai 109 orang.

Ketua KPU Rejang Lebong Restu S. Wibowo di Rejang Lebong, Senin, mengatakan jumlah pelamar calon PPK untuk 15 kecamatan di Rejang Lebong tersebut sudah memasuki hari ketiga penerimaan berkas sejak dibuka pada 18 Januari kemarin dan diperkirakan akan terus bertambah sampai batas akhir 24 Januari mendatangi
.
"Pada hari ketiga ini jumlah peserta yang menyerahkan berkas pendaftaran mencapai 109 orang, di mana dari 15 kecamatan yang akan menerima PPK ini lima di antaranya sudah sesuai dengan kuota untuk pelaksanaan seleksi yakni sebanyak 10 orang," kata dia.

Sebanyak lima kecamatan yang kuotanya sudah terpenuhi itu, adalah Curup 10 orang, Curup Selatan 12 orang, Curup Timur 10 orang, Sindang Dataran 11 orang, dan Sindang Beliti Ulu 13 orang.

Untuk 10 kecamatan lainnya, tambah dia, belum memenuhi kuota bahkan empat kecamatan pendaftarnya masih sedikit di antaranya Sindang Kelingi dan Binduriang, masing-masing baru satu orang, Sindang Beliti Ilir dan Bermani Ulu, masing-masing tiga orang.

Jumlah pendaftar PPK diperkirakan akan terus bertambah sampai mendekati penutupan pada Jumat (24/1), mengingat beberapa kecamatan yang masih sedikit pelamarnya berada jauh dari pusat kota.

Jika nantinya kecamatan yang pendaftar calon PPK pilkada itu sedikit dan belum memenuhi kuota sebagai syarat pelaksanaan seleksi, pihaknya akan memperpanjang waktu penyerahan berkas selama tiga hari sampai kuota yang disyaratkan, yakni 10 orang, terpenuhi.

Dari 109 pendaftar yang sudah memasukkan berkas ke Sekretariat KPU Rejang Lebong itu, mereka terdiri atas laki-laki 81 orang dan perempuan 28 orang, dengan latar pendidikan yakni 51 orang tamatan SMA sederajat, empat orang D-III, dan 54 orang S1.
 

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020