Lima bunga Rafflesia jenis arnoldii dan gadutensis mekar di tiga kawasan berbeda di Kabupaten Kaur dan Bengkulu Utara Provinsi Bengkulu.

“Saat ini ada lima bunga yang sedang mekar sempurna di dua kabupaten dengan tiga titik habitat,” kata Koordinator Komunitas Peduli Puspa Langka (KPPL) Bengkulu, Sofian Ramadhan di Bengkulu, Selasa.

Ia mengatakan habitat bunga rafflesia pertama terdapat di kawasan Hutan Lindung Boven Lais Bengkulu Utara. Dua bunga Rafflesia gadutensis sedang mekar sempurna di lokasi ini.

Jarak antar-bunga menurut dia hanya dua meter sehingga pengunjung dapat mengabadikan momen ini dengan dua bunga sekaligus.

Selain di Bengkulu Utara, di satu habitat Rafflesia arnoldii di Kecamatan Padang Guci Hulu Kabupaten Kaur juga terdapat dua bunga yang mekar bersamaan dengan diameter 100 centimeter.

“Satu bunga lainnya di Kaur juga di kawasan Desa Ulak Bandung Kecamatan Muara Sahung, satu Rafflesia arnoldii dengan diameter 120 centimeter,” kata Sofian.

Menurut dia, saat ini adalah momentum yang paling tepat untuk mengunjungi Bengkulu dan berpetualang ke habitat bunga langka Rafflesia yang menjadi ikon Bengkulu yang dikenal dengan sebutan “Bumi Rafflesia”.

Pewarta: Helti Marini S

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020