Ketua Umum Pengurus Provinsi (Pengprov) Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Bengkulu, Edwar Samsi menargetkan meraih medali emas untuk Provinsi Bengkulu dari cabang olahraga (Cabor) panjat tebing pada Pekan Olahraga Nasional (PON) mendatang.

Kata Edwar, pada PON Papua mendatang, Provinsi Bengkulu akan mengirimkan 2 atlet yang akan bertanding di 4 nomor pertandingan pada Cabor panjat tebing. Kedua atlet ini merupakan peraih medali emas dan perak pada Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) Sumatera ke-X lalu.

"Kita ada dua atlet yang lolos mengikuti PON Papua. Ya kita punya target maksimal, tetapi kita juga harus sadar betul kompetisi panjat tebing di PON ini cukup ketat dan daerah lainnya juga memiliki persiapan yang matang, kalau dari kordinasi dengan pak gubernur kemarin kita menargetkan 1 medali emas," kata Edwar di Bengkulu, Rabu (22/1).

Edwar yang juga anggota DPRD Provinsi Bengkulu ini menjelaskan, dua atlet panjat tebing Provinsi Bengkulu yang akan bertanding di PON Papua mendatang saat ini tengah menjalani training center (TC) di Probolinggo.

Kedua atlet panjat tebing Provinsi Bengkulu yang akan diturunkan di PON Papua mendatang yakni Riski dan Salehan. Keduanya akan bertanding pada nomor speed word record putra, combain, boulder putra dan leed putra. 

"Kita ada kans untuk meraih medali itu di kategori speed word record dan combain. Riski dan Salehan ini atlet panjat tebing putra yang meraih medali emas dan perak pada Porwil Sumatera kemarin dan mereka berhak mendapat tiket ke PON Papua," jelas Edwar.

Kata Edwar, kedepan pihaknya akan berkoordinasi dengan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Bengkulu untuk merampungkan berbagai persiapan jelang keberangkatan atlet ke PON Papua.

Koordinasi ini untuk memastikan bahwa Provinsi Bengkulu tetap harus mengirimkan atlet untuk bertanding di PON Papua mendatang. Terlebih atlet itu telah mendapatkan tiket dari kualifikasi PON Papua pada Porwil Sumatera ke-X lalu.

"Kita sadar memang ada keterbatasan anggaran untuk PON Papua nanti, karenanya kita hanya mengirimkan atlet-atlet berprestasi saja yang menurut penilaian kita bisa meraih medali di PON itu nantinya," tegas Edwar.

Pewarta: Carminanda

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020