Bengkulu (ANTARA Bengkulu) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Bengkulu menginformasikan, prakiraan gelombang laut di perairan Bengkulu tiga meter, lebih rendah dari sebelumnya mencapai empat meter.

Prakiraan gelombang laut tiga meter itu juga terjadi di perairan Enggano dan Barat Bengkulu, kata analisis BMKG stasiun Meterologi Fatmawati Soekarno Bengkulu Suparwi, Selasa.

Ia menjelaskan, angin di perairan Bengkulu berpeluang berhembus dari arah Barat hingga Timur laut dengan kecepatan berkisar 05-20 knots, di wilayah itu juga berpeluang hujan sedang.

Selanjutnya angin di perairan Enggano berhembus dari arah Barat hingga Utara dengan kecepatan berkisar 07-20 knots, di wilayah itu berpeluang hujan lebat.
Sedangkan angin di perairan Barat Bengkulu juga bertiup dari arah Barat hingga Utara dengan kecepatan berkisar 08-21 knots, di wilayah itu juga berpeluang turun hujan lebat.

Berdasarkan peringatan dini BMKG pada kurun waktu 12 jam ke depan berpeluang gelombang laut mencapai 3,5 meter terjadi Samudera Hindia Utara Aceh dan Samudera Hindia Barat Daya Lampung.

Dari citra satelit cuaca terlihat daerah liputan awan dan hujan berada di seluruh wilayah P. Sumatera, Selat Malaka, wilayah Kep. Mentawai dan Samudera Hindia Utara Aceh hingga Selatan Banten.

Angin di wilayah Bengkulu pada umumnya bertiup dari arah Barat hingga Timur Laut dengan kecepatan 08 - 36 km/ jam atau 05 - 20 knots.

Prakiraan cuaca di wilayah Bengkulu tetap turu hujan ringan, sedang hingga hujan lebat, terutama di Kabupaten Mukomuko dan Kota Bengkulu, suhu udara berkisar 23-30 derajat celcius dan kelembaban antara 67-98 persen.

Sedangkan di kabupaten Bengkulu Selatan dan Kabupaten Kaur berpeluang hujan lebat, dengan suhu uidara berkisar 22-30 derajat celicus dan kelembaban antara 70-100 persen, ujarnya. (Antara)

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2013