Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu menyebutkan jumlah Daftar Pemilih Tetap untuk pemilihan kepala desa (pilkades) serentak tahap III di daerah itu mencapai 51.230 pemilih.

Kepala Dinas PMD Suradi Rifai didampingi Kabid Kelembagaan, Sosbud dan Pemerintahan Desa Bobby Harpa Santana di Rejang Lebong, Rabu, mengatakan jumlah DPT pilkades serentak yang akan dilaksanakan d1 56 desa tersebut sudah final setelah di verifikasi oleh tim panitia pemilihan di masing-masing desa.

"Jumlah DPT pilkades yang akan dilaksanakan di 56 desa ini mencapai 51.230 pemilih, jumlah DPT ini lebih sedikit dari data pembanding yang diberikan KPU Rejang Lebong sebelumnya sekitar 80.000-an pemilih," ujar dia.

Jumlah DPT pilkades itu sendiri tambah dia, sudah diumumkan oleh panitia pemilihan desa di wilayahnya masing-masing, di mana hal ini juga dilakukan saat pendataan daftar pemilih sementara (DPS) sehingga meminimalisir kemungkinan adanya warga yang belum terdata.

Sejauh ini dari 56 desa yang akan melaksanakan pilkades serentak tahap III yang dilaksanakan pada 20 Februari mendatang kata dia, tercatat DPT paling sedikit berada di Desa Sari Pulau, Kecamatan Sindang Beliti Ilir.

Sedangkan untuk desa yang DPT nya paling banyak berada di Desa Kampung Baru, Kecamatan Selupu Rejang yang jumlahnya mencapai 2.308 pemilih.

"Tidak ada lagi penambahan DPT, karena hasil pendataan yang masuk DPT ini adalah orang yang akan di undang oleh panitia saat pemilihan nanti, undangan diberikan per mata pilih," jelas dia.

Sementara itu, masing-masing desa yang akan menggelar pilkades serentak ini kata dia, selain telah menetapkan DPT juga melakukan penetapan calon kepala desa pada 25 Januari kemarin, dan selanjutnya tahapan pilkades serentak ini akan memasuki tahapan pencetakan logistik, kampanye dan deklarasi pilkades damai.

Adapun 56 desa yang akan melaksanakan pilkades tahap III ini antara lain empat desa di Kecamatan Curup Utara, tiga desa di Curup Timur, empat desa di Curup Selatan, satu desa di Curup Tengah.

Selanjutnya empat desa di Kecamatan Sindang Kelingi, satu desa di Sindang Dataran, lima desa di Kota Padang, lima desa di Kecamatan Sindang Beliti Ilir. Selanjutnya Kecamatan Bermani Ulu terdapat delapan desa, empat desa di Kecamatan Bermani Ulu Raya.

Kemudian empat desa di Kecamatan Padang Ulak Tanding, tiga desa di Kecamatan Binduriang, lima desa di Kecamatan Sindang Beliti Ulu serta lima desa di Kecamatan Selupu Rejang.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020