Kontingen Sumatera Selatan menargetkan meraih sepuluh medali emas dalam PON XX di Papua supaya bisa masuk minimal 15 besar.

"Sumatera Selatan bertekad memperbaiki peringkat di PON sehingga harus banyak merebut medali," kata Ketua Umum KONI Sumsel Hendri Zainuddin di Palembang, Jumat.

Apalagi saat PON yang lalu di Jabar, Sumsel berada diperingkat 21 dengan enam medali emas sehingga pada pesta olahraga empat tahunan mendatang harus lebih baik lagi.

Untuk itu, menurut Zainuddin, pihaknya menargetkan mendapat minimal delapan hingga 10 medali emas pada pesta olahraga yang diikuti atlet terbaik di Indonesia tersebut.

Perbaikan peringkat tersebut seiring Sumsel sudah dikenal di dunia internasional sehingga prestasi juga harus lebih baik.

Selain itu, fasilitas yang dimiliki di kawasan olahraga Jakabaring Palembang juga sudah berstandar internasional sehingga perlu diiringi peningkatan prestasi.

Ketika ditanya cabang olahraga yang berpeluang mendapat medali, dia mengatakan, hampir semua cabang yang dikirim berpeluang medali.

Bahkan, lanjut dia, cabang olahraga anggar, loncat indah dan ski air serta dayung hampir di setiap PON menyumbang medali emas.

Cabang-cabang olahraga tersebut sudah diperhitungkan di tingkat nasional bahkan ada yang pernah juara level internasional.

Oleh karena itu pihaknya merasa optimistis kontingen yang pernah menjadi tuan rumah PON pada 2004 itu mampu memperbaiki peringkat pada pesta olahraga mendatang.

Upaya dalam memperbaiki peringkat itu antara lain melaksanakan pelatihan daerah terpusat dan mengikuti berbagai kejuaraan nasional.

Selain itu juga pihaknya telah membentuk Satgas monitoring PON yang nantinya tim itu akan memantau dan melihat perkembangan atlet yang akan dikirim nanti, tambah dia.
 

Pewarta: Ujang Idrus

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020