Dinas Kesehatan Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu menyebutkan tiga di antara 21 puskesmas di daerah tersebut saat ini sudah mendapatkan akreditasi utama.

Kepala Dinas Kesehatan Rejang Lebong Syamsir di Rejang Lebong, Sabtu, mengatakan 21 puskesmas tersebar di 15 kecamatan di wilayah itu semuanya sudah terakreditasi pada 2019.

"Alhamdulilah 21 puskesmas di Rejang Lebong saat ini semuanya sudah terakreditasi, bahkan tiga di antaranya sudah terakreditasi utama, sedangkan 18 puskesmas lainnya terakreditasi madya dan dasar," ujar dia.

Sebanyak tiga puskesmas yang sudah terakreditasi utama itu, tambah dia, Puskesmas Tunas Harapan, Kecamatan Curup Utara, Puskesmas Curup, dan Puskesmas Sumber Urip, Kecamatan Selupu Rejang.

"Sebelumnya kita menargetkan akreditasi 21 puskesmas ini paling lambat tahun 2021 nanti tapi sudah tercapai pada tahun 2019 kemarin, dan nantinya tinggal peningkatan dari dasar menjadi madya, kemudian dari madya menjadi utama, dan yang utama menjadi paripurna," kata dia.

Puskesmas terakhir yang menjalani akreditasi adalah Puskesmas Talang Rimbo Lama, Kecamatan Curup Tengah, Puskesmas Tanjung Agung,  Kecamatan Sindang Beliti Ulu, dan Puskesmas Sumber Urip, Kecamatan Selupu Rejang.

Dari tiga puskesmas itu, Puskesmas Tanjung Agung mendapat akreditasi madya dan Puskesmas Sumber Urip terakreditasi utama, sedangkan untuk tahun ini, pihaknya akan mengusulkan enam puskesmas lainnya guna menjalani reakreditasi sehingga nantinya bisa meningkat dari semula dasar menjadi madya, madya menjadi utama, dan utama menjadi paripurna.
 

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020