Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Rejang Lebong mengatakan enam calon anggota panitia pemilihan kecamatan (PPK) pilkada setempat memperoleh nilai sama pada tes tertulis sekaligus berhak mengikuti tes wawancara.

Menurut Ketua KPU Kabupaten Rejang Lebong Restu S. Wibowo di Rejang Lebong, Senin (10/2), seharusnya tes wawancara ini diikuti oleh 150 orang. Namun, pihaknya memanggil juga enam peserta seleksi lainnya yang memperoleh nilai sama pada peringat ke-10 sehingga totalnya menjadi 156 orang.

"Ada empat kecamatan yang pesertanya mengikuti tes wawancara berjumlah lebih dari 10 orang. Mereka memperoleh nilai yang sama dan kami tidak bisa membedakannya," kata Restu.

Ada peserta lebih dari 10 yang mewakili masing-masing kecamatan itu sendiri, kata dia, tidak masalah kendati belum ada petunjuk penentuan siapa yang bisa mengikuti tahapan selanjutnya karena mereka mendapatkan nilai yang sama untuk posisi nomor 10.

Peserta lebih dari empat kecamatan ini sebelumnya pada tes, baik administrasi dan tes tertulis, mendapatkan nilai yang sama besar sehingga pada pelaksanaan tes wawancara yang mereka gelar sejak 8 sampai dengan 10 Februari tetap mereka panggil untuk mengikutinya.

Empat kecamatan yang pelamarnya mendapatkan nilai sama besar sehingga peserta yang mengikuti tes wawancaranya lebih dari 10 orang ini, yakni dari Kecamatan Binduriang 11 orang, Kecamatan Curup Timur 12 orang, Kecamatan Curup Selatan 12 orang, dan Kecamatan Curup Tengah 11 orang.

Peserta yang mendapatkan nilai sama besar ini kemudian ikut tes wawancara. Hal ini, kata dia, tidak menyalahi aturan.

Mereka yang mendapatkan nilai sama besar ini nantinya dipilih sebanyak lima orang sebagai calon terpilih anggota PPK yang akan bertugas di masing-masing kecamatan di Rejang Lebong.

Sementara itu, para peserta dari 15 kecamatan yang akan memperebutkan 75 anggota PPK di daerah itu pada pelaksanaan tes wawancara 8—10 Februari ini terbagi menjadi tiga kelompok dengan waktu pelaksanaan tes wawancara untuk sesi pertama mulai dari pukul 08.30 serta untuk peserta sesi terakhir pada pukul 20.30 WIB.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020