Pejabat Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu menyatakan pelipatan surat suara pilkades serentak yang akan dihelat dalam 56 desa di wilayah itu dilaksanakan di kantor polisi masing-masing kecamatan.

Kepala Bidang Kelembagaan Masyarakat, Sosial Budaya dan Pemerintahan Desa DPMD Rejang Lebong Bobby Harpa Santana di Rejang Lebong, Sabtu, mengatakan saat ini pihaknya tengah menyiapkan logistik pilkades serentak yang akan digelar pada 20 Februari nanti.

"Untuk surat suara pilkades ini akan dilipat di kantor Polsek masing-masing kecamatan, ini berbeda dengan pelaksanaan pilkades I dan II di mana surat suaranya dilipat di kantor DPMD, ini dilakukan guna mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diingini," ujar dia.

Selain itu surat suara Pilkades ini tambah dia, juga akan disimpan di Mapolsek masing-masing kecamatan dan baru akan didistribusikan ke TPS di masing-masing desa pada pagi hari sebelum pemungutan suara.

Jumlah surat suara pilkades serentak di Kabupaten Rejang Lebong ini sesuai dengan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 51.230 pemilih, sedangkan untuk surat suara yang disiapkan sebanyak 52.225 lembar dengan rincian 51.230 lembar surat suara utama ditambah 1.025 lembar (2 persen) suarat suara cadangan.

"Logistik Pilkades serentak ini berupa surat suara ini baru akan didistribusikan pada tanggal 19 Februari nanti atau sehari sebelum pemungutan suara yang jatuh pada 20 Februari," tambah dia.

Adapun logistik yang akan didistribusikan ini selain surat suara antara lain atribut berupa id card panitia pemilihan yang setiap desanya diberikan kepada tujuh orang panitia dan tiga orang lagi dari tim pengawas pemilihan.

Kemudian dua unit baliho yang terdiri dari baliho sekretariat dan baliho di TPS, selanjutnya spanduk panitia, kotak suara masing-masing satu unit, selanjutnya amplop surat suara sah, amplop surat suara tidak sah dan amplop berita acara (BA) hasil pemilihan, serta 10 lembar segel.

"Kalau pembuatan TPS di masing-masing desa dilaksanakan oleh panitia pemilihan beberapa hari sebelum pelaksanaannya, pembuatan TPS ini dibiayai menggunakan anggaran APBD Rejang Lebong 2020," terangnya.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020